Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.advisorOktavianingtyas, Ervin
dc.contributor.authorSeptiana, Sheila Wahyu
dc.date.accessioned2017-10-19T06:37:51Z
dc.date.available2017-10-19T06:37:51Z
dc.date.issued2017-10-19
dc.identifier.nimNIM100210101072
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82313
dc.description.abstractKecerdasan emosional mencakup pengendalian diri, semangat, dan ketekunan, serta kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustasi, kesanggupan untuk mengendalikan dorongan hati dan emosi, tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati agar beban stres tidak melumpuhkan kemampuan berpikir. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional yaitu hasil belajar matematika. Hasil belajar matematika berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa. Hal ini terlihat dari emosi siswa yang beragam dalam menyelesaikan soal matematika. Jika hasil belajar matematika yang diperoleh siswa memuaskan maka siswa akan bahagia dan bangga, namun jika hasil belajar matematika tidak memuaskan maka ekspresi siswa akan cemberut, marah dan sedih (Goleman, 2002:512). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yaitu ada tidaknya pengaruh hasil belajar matematika terhadap kecerdasan emosional siswa kelas IX SMP Negeri 13 Jember. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Sebelum melakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan persiapan dengan membuat istrumen penelitian berupa soal tes, dan angket yang selanjutnya dilakukan validasi kepada dua validator. Hasil validasi soal tes dan angket masing-masing diperoleh nilai sebesar 2,68 dan termasuk kategori valid dengan beberapa saran revisi dari validator. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2017 di SMP Negeri 13 Jember dengan memberikan soal tes materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar dahulu, kemudian dilanjutkan dengan memberikan angket kecerdasan emosional kepada siswa yang menjadi sampel sejumlah 59 siswa. Dari hasil analisis data didapat kesimpulan bahwa ada pengaruh hasil belajar matematika terhadap kecerdasan emosional siswa kelas IX SMP Negeri 13 Jember. Besar pengaruh hasil belajar matematika terhadap kecerdasan emosional adalah 9%. Artinya hasil belajar matematika memberi pengaruh yang lemah terhadap kecerdasan emosional siswa, tetapi positif, hal ini dapat dilihat dari hasil koefisien determinasi yang bernilai positif (+). Jika siswa memperoleh hasil belajar yang baik, maka kecerdasan emosional siswa juga baik. Sebaliknya, jika siswa memperoleh hasil belajar yang rendah, maka kecerdasan emosional siswa tersebut cenderung labil (marah, sedih).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries100210101072;
dc.subjectHasil Belajar Matematikaen_US
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.titlePengaruh Hasil Belajar Matematika Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Ix Smp Negeri 13 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record