dc.description.abstract | Mind Map adalah teknik yang menawarkan hubungan antar konsep dengan
kata kunci yang dapat memaksimalkan fungsi otak dan mengklasifikasikan
pengetahuan (Weideman and Kritzinger 2003). Mind Map bisa digunakan untuk
mengungkapkan skema kognitif yang ada pada siswa. Pada awal pembelajaran
perlu dilakukan pengajaran untuk pengetahuan awal dan pada akhir pembelajaran
dapat diketahui ketidakpahaman siswa terhadap materi. Mind map juga berguna
untuk pengungkapan pendapat hal-hal yang penting bagi siswa untuk mengingat
suatu materi (Davies, 2010). Dengan mind map maka akan tercipta pandangan
yang menyeluruh terhadap pokok permasalahan.
Penelitian ini dilakukan dengan mengambil salah satu kelas dan sebagai
subyek penelitian adalah seluruh siswa dalam satu kelas tersebut. Penelitian ini
adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk memperoleh suatu produk
pengembangan mind map pada pokok bahasan momentum, impuls, dan tumbukan.
Desain pengembangan mind map pada penelitian ini menggunakan model
pengembangan ADDIE. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar
validasi, lembar ulangan harian, dan respon siswa. Metode perolehan data yang
digunakan adalah validasi, tes ulangan harian, dan lembar respon siswa. Data yang
didapatkan adalah validasi, nilai hasil ulangan harian siswa, dan data respon siswa.
Hasil validasi produk adalah sebesar 4,52 mencapai kategori valid dengan
menggunakan 3 validator, 2 validator dari dosen Pendidikan Fisika FKIP
Universitas Jember, dan 1 validator guru mata pelajaran fisika di SMAN 2 Jember.
Hasil belajar siswa tergolong sangat baik karena dengan mind map dapat diketahui
keterukuran tujuan pembelajaran. | en_US |