Show simple item record

dc.contributor.advisorWahyuni, Sri
dc.contributor.advisorBachtiar, Rayendra Wahyu
dc.contributor.authorJuliana, Alifa
dc.date.accessioned2017-10-19T03:24:36Z
dc.date.available2017-10-19T03:24:36Z
dc.date.issued2017-10-19
dc.identifier.nimNIM 130210102026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82282
dc.description.abstractMind Map adalah teknik yang menawarkan hubungan antar konsep dengan kata kunci yang dapat memaksimalkan fungsi otak dan mengklasifikasikan pengetahuan (Weideman and Kritzinger 2003). Mind Map bisa digunakan untuk mengungkapkan skema kognitif yang ada pada siswa. Pada awal pembelajaran perlu dilakukan pengajaran untuk pengetahuan awal dan pada akhir pembelajaran dapat diketahui ketidakpahaman siswa terhadap materi. Mind map juga berguna untuk pengungkapan pendapat hal-hal yang penting bagi siswa untuk mengingat suatu materi (Davies, 2010). Dengan mind map maka akan tercipta pandangan yang menyeluruh terhadap pokok permasalahan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil salah satu kelas dan sebagai subyek penelitian adalah seluruh siswa dalam satu kelas tersebut. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk memperoleh suatu produk pengembangan mind map pada pokok bahasan momentum, impuls, dan tumbukan. Desain pengembangan mind map pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar ulangan harian, dan respon siswa. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi, tes ulangan harian, dan lembar respon siswa. Data yang didapatkan adalah validasi, nilai hasil ulangan harian siswa, dan data respon siswa. Hasil validasi produk adalah sebesar 4,52 mencapai kategori valid dengan menggunakan 3 validator, 2 validator dari dosen Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember, dan 1 validator guru mata pelajaran fisika di SMAN 2 Jember. Hasil belajar siswa tergolong sangat baik karena dengan mind map dapat diketahui keterukuran tujuan pembelajaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENGEMBANGAN MIND MAPen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MIND MAP PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKANen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record