Show simple item record

dc.contributor.advisorBEKTIARSO, Singgih
dc.contributor.advisorLESMONO, Albertus Djoko
dc.contributor.authorALFIANTI, Ika Nur Aini
dc.date.accessioned2017-10-19T03:13:03Z
dc.date.available2017-10-19T03:13:03Z
dc.date.issued2017-10-19
dc.identifier.nimNIM130210102047
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82278
dc.description.abstractBerdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih ada yang di bawah KKM. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Materi yang disampaikan oleh guru sering menggunakan model pembelajaran langsung (direct instructions) dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan penugasan sehingga membuat siswa pasif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, agar pembelajaran dapat membuat siswa menjadi aktif perlu menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran fisika, yang dapat melibatkan siswa untuk berperan aktif dan menyusun pengetahuannya sendiri. Penerapan model PBI (Problem Based Instructions) disertai media audiovisual diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mengkaji pengaruh model PBI (Problem Based Instructions) disertai media audiovisual terhadap keterampilan proses sains siswa dan 2) Mengkaji pengaruh model PBI (Problem Based Instructions) disertai media audiovisual terhadap hasil belajar siswa. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di MAN 1 Jember pada tanggal 25 April sampai dengan 17 Mei 2017. Subyek populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIA MAN 1 Jember, dengan sampel yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain penelitian post-test only control group design. Data yang diambil yaitu skor keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes tulis pada akhir pembelajaran. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil Uji Independent Sample T-Test terhadap keterampilan proses sains siswa yaitu H0 ditolak yang berbunyi keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Sedangkan uji Independent Sample T-Test terhadap hasil belajar siswa yaitu H0 ditolak yang berbunyi nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas ekperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan: 1). Model PBI (Problem Based Instructions) disertai media audiovisual berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X MAN 1 Jember, 2). Model PBI (Problem Based Instructions) disertai media audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102047;
dc.subjectMEDIA AUDIOVISUALen_US
dc.subjectKETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTIONS) DISERTAI MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Materi Momentum dan Impuls Kelas X MAN 1 Jember)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record