Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.advisorKurniati, Dian
dc.contributor.authorSeviyani, Anisy Kurlia
dc.date.accessioned2017-10-19T02:04:48Z
dc.date.available2017-10-19T02:04:48Z
dc.date.issued2017-10-19
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82243
dc.description.abstractKurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan memperhatikan tahap perkembangan perserta didik dan kesesuaiannya dengan lingkungan, kebutuhan pembangunan nasional, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesenian, sesuai dengan jenis dan jenjang masing-masing satuan pendidikan (UU RI No 2 Tahun 1989, Bab IX, Pasal 37). Hal tersebut juga sesuai dengan visi dan misi Partnership for 21th century learning (P21) yang menyatakan bahwa perubahan di dunia pendidikan harus terus dilakukan sehingga semua peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk berkembang di dunia. Menurut P21, masyarakat global perlu memiliki empat keterampilan dasar, yaitu: (1) critical and problem solving skills, (2) collaboration skills, (3) communication skills, dan (4) creativity and innovation skills (P21.org, 2016). Sehingga kemudian dikenal dengan istilah 4 C’s, karena ada empat huruf C pada keterampilan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, 4 C’s perlu dikembangkan di Indonesia dengan penelitian berjudul “Pengembangan indikator 4 C’s pada mata pelajaran matematika SMP/MTs kelas IX semester 2”. Proses pengembangan indikator 4 C’s pada mata pelajaran Matematika SMP/MTs kelas IX semester 2 menggunakan model Plomp yang dimodifikasi, yaitu [1] fase investigasi awal (preliminary investigation) yang terdiri atas kegiatan analisis masalah dan studi literatur mengenai keterampilan 4 C’s dan kurikulum 2013, [2] fase desain (design) yaitu kegiatan merancang penyelesaian masalah berdasarkan investigasi awal berupa indikator 4 C’s, [3] fase realisasi/konstruksi (realization/construction) yaitu merealisasikan produk yang telah dirancang pada fase desain, dan [4] fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision) yang terdiri atas kegiatan validasi produk yang dikembangkan oleh lima validator, evaluasi dan revisi berdasarkan saran dari validator hingga diperoleh produk yang memenuhi kriteria kevalidan yaitu lebih dari sama dengan tiga. Hasil pengembangan yang diperoleh adalah indikator 4 C’s pada mata pelajaran Matematika SMP/MTs kelas IX semester 2 berbasis kurikulum 2013 revisi 2016 telah memenuhi kriteria kevalidan dengan nilai validitas sebesar 3,789. Contoh indikator berpikir kritis (critical thinking) menyatakan rumus luas permukaan tabung dari berbagai bentuk jaring-jaring tabung, kreatif (creative) membuat benda nyata yang terdiri dari gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung, komunikasi (communication) menjelaskan berbagai proses transformasi denah pada koordinat kartesius dan kolaborasi (collaboration) memberi masukan dan feedback pada teman yang presentasi tentang proses transformasi geometri dari gambar pada koordinat kartesius di depan kelas.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectIndikatoren_US
dc.subjectMata Pelajaran Matematikaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN INDIKATOR 4 C’s PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTs KELAS IX SEMESTER 2en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record