dc.description.abstract | Perkembangan industri batik di Indonesia belakangan ini semakin
meningkat. Hal ini tercermin semakin meningkatnya perkembangan perusahaan
batik yang semakin banyak sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi setiap
perusahaan batik. Strategi pemasaran yang tepat sangat penting untuk
diperhatikan oleh perusahaan termasuk pada produksi batik UD. Tropical Batik.
Penerapan strategi pemasaran yang tepat diharapkan UD. Tropical Batik untuk
dapat meningkatkan volume penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mencari tahu strategi pemasaran yang digunakan oleh UD. Tropical Batik dalam
menjalakan aktifitas pemasaran produknya.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang
berjenis penelitian deskriptif untuk membahas lebih dalam tentang strategi bauran
pemasaran yang digunakan oleh UD. Tropical Batik. Penentuan lokasi penelitian
dengan menggunakan metode Purposive Area. Metode pengumpulan data yang
digunakan oleh peneliti meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan oleh peneliti meliputi reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Data yang terkumpul selanjutnya dilakukan
pemeriksaan keabsaan data dengan menggunakan teknik Triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh UD.
Tropical Batik adalah menggunakan strategi bauran pemasaran atau lebih dikenal
dengan istilah marketing mix. UD. Tropical Batik dalam penerapan strategi
pemasarannya melibatkan unsur produk, harga, promosi, dan distribusi. Keempat
unsur tersebut merupakan bagian dari strategi bauran pemasaran. Strategi
perusahaan dalam segi produk dengan mengutamakan kualitas produk dalam segi bahan yang digunakan dan proses produksinya. Strategi harga yang diterapkan
oleh perusahaan dengan penentuan harga yang tepat dengan mempertimbangkan
bahan yang digunakan dan proses produksinya. Strategi promosi yang terapkan
perusahaan yaitu dengan dengan mengikuti pameran, menjalin kerjasama dengan
koperasi dan sekolah sekitar, dan promosi dari mulut ke mulut. Perusahaan juga
menerapkan strategi harga dengan memberi potongan harga kepada konsumen
yang memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Strategi distribusi yang dilakukan
oleh UD. Tropical Batik ada distribusi langsung antara lain dengan melakukan
komunikasi pesanan secara langsung kepada konsumen dan melayani penjualan
langsung produk yang ada di galeri batik perusahaan. Perusahaan juga melakukan
distribusi tidak langsung dengan menjalin kerja sama dengan koperasi dan agen
yang memasarkan produk keluar negeri dalam memasarkan produk kepada
konsumen.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini kepada UD. Tropical Batik
Dusun Klontang Desa Gendoh Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi adalah
selalu meningkatkan produk yang dihasilkan dan menjaga kelestarian budaya
Indonesia. | en_US |