Show simple item record

dc.contributor.advisorWAHYUNI, Sri
dc.contributor.advisorMARYANI
dc.contributor.authorAGUSTIN, Ervina Ria
dc.date.accessioned2017-10-19T01:22:22Z
dc.date.available2017-10-19T01:22:22Z
dc.date.issued2017-10-19
dc.identifier.nimNIM130210102074
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82229
dc.description.abstractPada pembelajaran fisika memerlukan pengertian dan pemahaman konsep yang erat hubungannya dengan keterampilan berpikir, yaitu keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis siswa berbeda-beda dan tidak dapat muncul dengan sendirinya, namun harus dilatih melalui pemberian stimulus yang menuntut seseorang untuk berpikir kritis. Salah satunya dengan menyediakan bahan ajar yang mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, yaitu LKS. LKS yang ada saat ini kurang memvisualisasikan materi yang abstrak. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan LKS disertai video anime. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbantuan video anime pada pokok bahasan fluida dinamik di SMA yang valid dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil validasi ahli dan validasi pengguna didapatkan bahwa LKS disertai video anime berkategori sangat valid dengan skor validasi untuk LKS sebesar 86,45% dan untuk video anime sebesar 87,05% serta perangkat pendukung pembelajarannya berupa silabus pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa berkategori sangat valid, soal keterampilan berpikir kritis berkategori cukup valid. Penilaian umum dari validator menyatakan bahwa LKS disertai video anime dan perangkat pembelajarannya dapat digunakan untuk diimplementasikan kepada siswa di sekolah. Kemampuan keterampilan berpikir kritis siswa diukur menggunakan tes tulis berupa 5 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian yang mengandung 4 indikator keterampilan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil tes tersebut dianalisis menggunakan N-gain dan didapatkan nilai N-gain sebesar 0,56 berkategori sedang. Keterampilan interpretasi berada pada kategori tinggi dengan skor 0,81. Keterampilan analisis berada pada kategori sedang dengan N-gain sebesar 0,47. Keterampilan evaluasi berada pada kategori sedang dengan N-gain sebesar 0,53. Keterampilan inferensi berada pada kategori sedang dengan N-gain sebesar 0,38. Hal ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan LKS disertai video anime. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan LKS disertai video anime diperoleh dengan memberikan angket respon siswa setelah menyelesaikan seluruh kegiatan pembelajaran menggunakan LKS disertai video anime pada pokok bahasan fluida dinamik. Pada indikator minat siswa terhadap pembelajaran fisika sebelum menggunakan LKS disertai video anime sebesar 72%, desain LKS disertai video anime sebesar 86%, aspek isi LKS disertai video anime diperoleh data respon siswa sebesar 90%, dan pembelajaran fisika dengan menggunakan LKS disertai video anime mendapat 84,67% yang berarti siswa merespon positif. Respon siswa siswa secara keseluruhan mendapat presentase sebesar 83,17% sehingga respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan LKS disertai video anime termasuk dalam kategori positif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102074;
dc.subjectVIDEO ANIMEen_US
dc.subjectPOKOK BAHASAN FLUIDA DINAMIKen_US
dc.titlePENGEMBANGAN LKS DISERTAI VIDEO ANIME PADA POKOK BAHASAN FLUIDA DINAMIK DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record