Show simple item record

dc.contributor.advisorSURATNO
dc.contributor.advisorWAHYUNI, Dwi
dc.contributor.authorANGGRAENI, Ayuni Dwi
dc.date.accessioned2017-10-18T07:09:40Z
dc.date.available2017-10-18T07:09:40Z
dc.date.issued2017-10-18
dc.identifier.nimNIM130210103024
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82211
dc.description.abstractData yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil pegembangan produk, data hasil validasi Komik Digital dan hasil uji kelompok kecil (Small Group Test) serta tanggapan responden (siswa). Hasil pengembangan produk komik digital ini berupa gambar cartoon yang tersusun berurutan dan bermakna disertai teks melalui aplikasi komputer (scanner, aplikasi paint tool sai dan photoshop) dalam bentuk ecomic atau elekronik komik. Adapun analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data persentase yang kemudian diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Hasil analisis tingkat validitas Komik Digital yang telah divalidasi oleh validator menunjukkan bahwa validasi materi yang didalamnya mencakup komponen kesesuaian materi, keakuratan materi, kemutakhiran dan mendorong keingintahuan didapatkan rata-rata hasil validasi adalah 78,12% dengan kategori cukup baik. Validasi media yang didalamnya mencakup komponen rekayasa perangkat lunak, komunikasi visual, dan fungsi keseluruhan media pembelajaran didapatkan rata-rata hasil validasi adalah 90,0% dengan kategori sangat baik. Validasi pengguna (guru) yang didalamnya mencakup komponen isi materi, penyajian, dan fungsi keseluruhan media pembelajaran dalam pembelajaran didapatkan rata-rata hasil validasi adalah 86,66% dengan kategori baik. Dari hasil validasi dapat dilihat bahwa dari validator ahli materi, ahli media, dan pengguna mendapatkan hasil bahwa Media Pemelajaran Komik Digital siap dimanfaatkan di lapangan untuk kegiatan pembelajaran. Hasil uji kelompok kecil (Small Group Test) menunjukkan bahwa pada aspek keterbacaan media pembelajaran komik digital diperoleh rata-rata nilai 77,32% dengan kategori baik, aspek keterbacaan kegiatan siswa diperoleh rata-rata nilai 75,55% dengan kategori baik, dan aspek komponen evaluasi akhir materi diperoleh rata-rata nilai 75,55% dengan kategori baik. Sedangkan hasil tanggapan responden (siswa) menunjukkan bahwa aspek pendapat siswa terhadap materi pembelajaran, media pembelajaran komik digital diperoleh rata-rata nilai 75,55% dengan kategori baik, aspek media pembelajaran komik digital yang meliputi bahasa yang digunakan serta materi yang disajikan diperoleh rata-rata nilai 84,44% dengan kategori baik, aspek media pembelajaran yang meliputi penulisan, gambar, dan letak gambar diperoleh rata-rata nilai 81,47% dengan kategori baik, aspek manfaat Komik Digital dalam menarik motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata nilai 71,11% dengan kategori cukup baik, dan aspek keberlanjutan kegiatan pembelajaran menggunakan Komik Digital diperoleh rata-rata nilai 100% dengan kategori sangat baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210103024;
dc.subjectKOMIK DIGITAL BIOLOGIen_US
dc.subjectPENCEMARAN LINGKUNGANen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BIOLOGI POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record