| dc.description.abstract | Penelitian  ini dilatar belakangi  oleh  rendahnya  aktivitas belajar dan  hasil
belajar  siswa  khususnya  di  bidang  studi  fisika. Aktivitas  belajar  siswa  memegang
peranan  penting  dalam  pencapaian  hasil  belajar  yang  optimal.  Berdasarkan  hasil
observasi  awal  di  kelas  VII C SMP  Negeri  5  Tanggul,  ditemukan  aktivitas  belajar
siswa  masih  rendah.  Hal  ini  ditunjukan  dari  data  hasil  observasi  awal  diproleh
40,00% siswa yang aktif bertanya; 36,67% siswa yang aktif mencatat. Jadi skor rata-
rata  aktivitas  belajar  siswa 15,33%,  untuk  hasil  belajar  fisika  siswa dari  40  siswa
hanya  40%  yang  mendapatkan  nilai ≥ 75;  sedangkan 60%  siswa  lainnya  mendapat
nilai < 75.
Berdasarkan  uraian  di  atas, permasalahan  dalam  penelitian  ini  adalah  :  (1)
Bagaimanakah peningkatan aktifitas belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 5 Tanggul
tahun  pelajaran  2010/2011 menggunakan pembelajaran  fisika  menggunakan model
kooperatif  tipe NHT (Numbered  Head  Together) melalui  metode  eksperimen  pokok
bahasan  gerak.    (2) Bagaimanakah  peningkatan  ketuntasan  hasil  belajar  siswa  kelas
VIIC SMP Negeri 5 Tanggul tahun pelajaran 2010/2011 menggunakan pembelajaran
NHT (Numbered  Head  Together) melalui  metode eksperimen  pokok  bahasan  gerak.
maka  diperlukan  perbaikan  pembelajaran  melalui  model kooperatif  tipe Numbered
Head Together melalui metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas belajar dan
ketuntasan  hasil  belajar  fisika  siswa  kelas  VII  C SMP  Negeri 5 Tanggul.  Model ini
memiliki  kelebihan  yaitu  dapat  melatih  siswa  berfikir  mandiri  melalui  investigasi, serta  efektif  membentuk  siswa  untuk  bekerjasama  dalam  kelompok  dengan  latar
belakang berbeda.
Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  :  (1) Mendiskripsikan  peningkatan
ketuntasan  hasil  belajar  pembelajaran  NHT (Numbered  Head  Together) melalui
metode eksperimen pokok bahasan Gerak di kelas VIIC SMP Negeri 5 Tanggul tahun
pelajaran  2010/2011. (2) Mendiskripsikan  aktifitas  belajar  siswa  selama  proses
pembelajaran  fisika  menggunakan  NHT (Numbered  Head  Together) melalui  metode
eksperimen  pokok  bahasan  Gerak  di  kelas  VIIC  SMP  Negeri  5  Tanggul  tahun
pelajaran 2010/2011.
Penelitian  ini  dilakukan  di  kelas  VII C SMP  Negeri  5  Tanggul  yang
didasarkan  pada  permasalahan proses  belajar  mengajar  yang  terjadi,  yaitu
rendahnya  aktivitas  dan  ketuntasan  hasil  belajar  siswa. Jenis  penelitian  ini  adalah
“penelitian  tindakan  kelas  (Classroom  Action  Research)”.  Teknik  pengumpulan  data
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan post-test. Teknik
analisis  data  menggunakan:  (1)  analisis  deskriptif,  yaitu  mendeskripsikan  secara
kualitatif  maupun  kuantitatif  data  hasil  penelitian;  (2)  persentase  aktivitas  belajar
untuk  menentukan  aktivitas  belajar  siswa  antara  pembelajaran  pada  siklus 1 dan
siklus 2;  (3)  persentase  ketuntasan  hasil  belajar  untuk  menentukan  ketuntasan  hasil
belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2.
Kesimpulan  penelitian  ini  adalah:  (1) Peningkatkan  aktivitas  belajar  siswa  dalam
pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together
pada pokok  bahasan  gerak  kelas  VII  C SMP  Negeri 5 Tanggul dari 40,00%, dalam
kategori kurang  aktif menjadi 73,50% dalam katagori aktif (siklus  1)  dan  81,33% dalam
kategori sangat  aktif  (siklus  2); (2) Peningkatkan  ketuntasan  hasil  belajar  siswa  dalam
pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together
pada  pokok  bahasan  gerak kelas  VII  C SMP  Negeri 5 Tanggul  dari  40  % dalam kategori
kurang tuntas menjadi 67,5% dalam kategori tuntas (siklus 1) dan 87,5 % dalam kategori
sangat tuntas (siklus 2). | en_US |