Show simple item record

dc.contributor.advisorINDRAWATI
dc.contributor.advisorWAHYU B., Rayendra
dc.contributor.authorSAFITRI, Ainul
dc.date.accessioned2017-10-18T04:24:59Z
dc.date.available2017-10-18T04:24:59Z
dc.date.issued2017-10-18
dc.identifier.nimNIM130210102090
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82189
dc.description.abstractHasil analisis rekapitulasi data persentase aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata aktivitas belajar secara keseluruhan sebesar 82,9% yang tergolong kriteria sangat aktif. Hal ini sesuai dengan penelitian Sutrisna (2015), bahwa model guided inquiry meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan skor rata-rata dalam kategori aktif dan Kartono (2011), menyatakan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa dengan menerapkan teknik learning journals termasuk dalam kategori sangat aktif. Hasil analisis data sikap ilmiah diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,031. Karena p (signifikansi)  0,05 atau Sig. (1-tailed) = 0,0155 ≤ 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan model guided inquiry disertai teknik learning journals berpengaruh signifikan terhadap sikap ilmiah siswa di kelas X SMA (Ha diterima, H0 ditolak). Hasil analisis data hasil belajar siswa diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,039. Nilai signifikansi (1-tailed) sebesar 0,0195 ≤ 0,05. Jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan model guided inquiry disertai teknik learning journals berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas X SMA (Ha diterima, H0 ditolak). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat diperoleh kesimpulan antara lain: 1) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika dengan model guided inquiry disertai teknik learning journals di kelas X SMA termasuk dalam kriteria sangat aktif, 2) pembelajaran fisika dengan model guided inquiry disertai teknik learning journals berpengaruh signifikan terhadap sikap ilmiah siswa di kelas X SMA, 3) pembelajaran fisika dengan model guided inquiry disertai teknik learning journals berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMA.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102090;
dc.subjectFISIKAen_US
dc.subjectMODEL GUIDED INQUIRYen_US
dc.titlePEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY DISERTAI TEKNIK LEARNING JOURNALS DI KELAS X SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record