PENGARUH KOMPETENSI, KOMITMEN ORGANISASI, DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA KELOMPOK KERJA UNIT LAYANAN PENGADAAN DI KEMENTERIAN KEUANGAN The Effect of Competence, Organizational Commitment, and Perceived Organizational Support on Service Quality and Work Group Performance of Procurement Service Unit in Ministry of Finance
Abstract
Reformasi birokrasi di segala bidang sangat diperlukan sebagai upaya
untuk mewujudkan good governance dan clean governance dalam
penyelenggaraan tugas pemerintah, termasuk salah satu diantaranya reformasi di
bidang pengadaan barang/jasa pemerintah yang dirumuskan oleh Lembaga
Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Sejalan dengan program
reformasi pengadaan barang/jasa tersebut, Kementerian Keuangan menggulirkan
program Transformasi Pengadaan sebagai upaya untuk memperkuat pengadaan
dan pengelolaan aset di lingkungan Kementerian Keuangan. Untuk mewujudkan
program Transformasi Pengadaan tersebut, Kementerian Keuangan menjalin kerja
sama dengan LKPP dalam bentuk program Modernisasi Pengadaan yang salah
satu komponennya adalah berupa penguatan kelembagaan Unit Layanan
Pengadaan (ULP). Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis
pengaruh kompetensi, komitmen organisasi, dan persepsi dukungan organisasi
terhadap kualitas pelayanan dan kinerja kelompok kerja Unit Layanan Pengadaan
di Kementerian Keuangan. Hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai
bahan pertimbangan atau bahan masukan dalam upaya peningkatan kualitas
pelayanan dan kinerja organisasi di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah
pada ruang lingkup Kementerian Keuangan.
Collections
- MT-Science of Economic [204]