Show simple item record

dc.contributor.authorFidiyah Nur Asiyah Jamil
dc.date.accessioned2013-12-11T09:18:25Z
dc.date.available2013-12-11T09:18:25Z
dc.date.issued2013-12-11
dc.identifier.nimNIM090210204189
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8213
dc.description.abstractPembelajaran IPA di Sekolah Dasar/Madarasah Ibtidaiyah pada umumnya menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu model pembelajaran yang menitik beratkan pada guru. Kegiatan pembelajaran di SDN Kalianyar 1 khususnya di kelas IV masih belum sepenuhnya menerapkan model maupun metode pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas belajar mengajar di kelas. Pada umumnya dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah ataupun metode tanya tanya jawab dan penugasan yang terpusat pada buku teks. Hal ini berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu ≥ 65. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses penerapan model siklus belajar menggunakan media realita pokok bahasan gaya siswa kelas IV SDN Kalianyar 1 Bondowoso?; (2) bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA melalui model Siklus Belajar menggunakan media realita siswa kelas IV SDN Kalianyar 1 Bondowoso?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Kalianyar 1 Bondowoso Tahun pelajaran 2011/2012 dengan penerapan model siklus belajar menggunakan media realita; (2) meningkatkan ketuntasan belajar IPA melalui model siklus belajar menggunakan media realita pokok bahasan gaya siswa kelas IV SDN Kalianyar 1 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012. Penerapan model Siklus Belajar dilakukan di kelas IV SDN Kalianyar 1 Bondowoso Tahun pelajaran 2011/2012, dengan responden 22 siswa, yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, metode pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 55,68% (termasuk kategori sedang), sedangkan pada siklus II sebesar 75% (termasuk kategori aktif). Aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan atau meningkat sebesar 19,32%. Pada siklus I rata-rata hasil belajarnya 63,45, sedangkan pada siklus II 72 sehingga meningkat 8,55. Ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I 68,18% tergolong mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Pada siklus II mencapai 81,82%, sehingga meningkat sebesar 13,64%. Dengan demikian standar ketuntasan belajar secara klasikal dalam penelitian ini telah terpenuhi, sehingga penelitian ini hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model siklus belajar pembelajaran IPA berjalan dengan baik dan lancar. Aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Penerapan model siklus belajar dengan media realita dapat dijadikan masukan bagi peneliti lain untuk menerapkan penelitian lebih lanjut pokok bahasan yang berbeda; model siklus belajar ini dapat dijadikan alternatif model pembelajaran dalam pembelajaran IPA; hendaknya guru mampu dalam penguasaan kelas dan merencanakan RPP dengan baik karena dalam model ini siswa dibagi ke dalam kelompok yang membutuhkan perhatian dari guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran siklus belajar dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kalianyar 1 Bondowoso Pokok Bahasan Gaya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204189;
dc.subjectPENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR, MEDIA REALITAen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA MENGGUNAKAN MEDIA REALITA SISWA KELAS IV SDN KALIANYAR 1 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record