Show simple item record

dc.contributor.advisorMuchtar, Imam
dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.authorTiyas, Ririn Dwi Aprining
dc.date.accessioned2017-10-16T01:39:33Z
dc.date.available2017-10-16T01:39:33Z
dc.date.issued2017-10-16
dc.identifier.nimNIM130210204004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82086
dc.description.abstractSalah satu sekolah dasar (SD) di Kabupaten Jember yang telah menerapkan Kurikulum 2013 adalah SD Negeri Ajung 03. Penerapan Kurikulum 2013 di SDN Ajung 03 sebenarnya sudah dilaksanakan sesuai dengan pendekatan ilmiah, namun masih terdapat permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran, diantaranya adalah materi pembelajaran kelas III lebih dominan pada materi Bahasa Indonesia, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa masih dalam kriteria cukup, guru masih belum maksimal dalam menggunakan model pembelajaran, guru masih menggunakan metode diskusi, penugasan, dan kelompok belajar. Hasil belajar ulangan tengah semester (UTS) siswa pada tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan dan tema Perkembangan Teknologi secara klasikal menunjukkan hasil sebesar 64,13 (cukup). Berdasarkan hasil observasi, hasil ranah afektif siswa secara klasikal menunjukkan hasil sebesar 63,09 (cukup). Hasil ranah psikomotorik siswa secara klasikal menunjukkan hasil sebesar 68,91 (cukup). Mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu alternatif pembelajaran, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC sangat cocok digunakan untuk mata pelajaran yang menggunakan prinsip bahasa, selain itu siswa dilatih bekerja di dalam tim dengan pengajaran membaca untuk memahami suatu konsep dan menyelesaikan tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIA melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada tema Indahnya Persahabatan di SDN Ajung 03 Jember semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SDN Ajung 03 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIA SDN Ajung 03 Jember tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa, yaitu 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelas IIIA SDN Ajung 03 Jember tema Indahnya Persahabatan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Hasil belajar siswa secara klasikal prasiklus sebesar 64,13 termasuk kriteria cukup, siklus I sebesar 71,13 termasuk kriteria baik, dan siklus II sebesar 79,79 termasuk kriteria baik. Hasil belajar siswa secara klasikal dari prasiklus ke siklus I meningkat sebesar 7, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 8,66. Hasil ranah afektif siswa secara klasikal pada prasiklus sebesar 63,09 termasuk kriteria baik, siklus I sebesar 71,43 termasuk kriteria baik, dan siklus II sebesar 88,97 termasuk kriteria sangat baik. Hasil ranah afektif siswa secara klasikal meningkat sebesar 8,34 dari prasiklus ke siklus I, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 17,54. Hasil ranah psikomotorik siswa secara klasikal prasiklus sebesar 68,91 termasuk kriteria cukup, siklus I sebesar 70,10 termasuk kriteria baik, dan siklus II sebesar 74,51 termasuk kriteria baik. Hasil ranah psikomotorik siswa secara klasikal meningkat sebesar 1,19 dari prasiklus ke siklus I, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 4,41. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, guru dapat menerapkan model kooperatif tipe CIRC sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran pada kurikulum 2013. Selain itu, bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengadakan penelitian sejenis pada tema yang berbeda.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210204004;
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.subjectCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)en_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Tema Indahnya Persahabatan Di Sdn Ajung 03 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record