dc.description.abstract | Salah satu sekolah dasar (SD) di Kabupaten Jember yang telah
menerapkan Kurikulum 2013 adalah SD Negeri Ajung 03. Penerapan Kurikulum
2013 di SDN Ajung 03 sebenarnya sudah dilaksanakan sesuai dengan pendekatan
ilmiah, namun masih terdapat permasalahan yang dihadapi guru dalam proses
pembelajaran, diantaranya adalah materi pembelajaran kelas III lebih dominan
pada materi Bahasa Indonesia, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa masih
dalam kriteria cukup, guru masih belum maksimal dalam menggunakan model
pembelajaran, guru masih menggunakan metode diskusi, penugasan, dan
kelompok belajar.
Hasil belajar ulangan tengah semester (UTS) siswa pada tema
Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan dan tema Perkembangan Teknologi
secara klasikal menunjukkan hasil sebesar 64,13 (cukup). Berdasarkan hasil
observasi, hasil ranah afektif siswa secara klasikal menunjukkan hasil sebesar
63,09 (cukup). Hasil ranah psikomotorik siswa secara klasikal menunjukkan hasil
sebesar 68,91 (cukup).
Mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu alternatif pembelajaran,
yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Model
pembelajaran kooperatif tipe CIRC sangat cocok digunakan untuk mata pelajaran
yang menggunakan prinsip bahasa, selain itu siswa dilatih bekerja di dalam tim
dengan pengajaran membaca untuk memahami suatu konsep dan menyelesaikan
tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas IIIA melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada tema Indahnya
Persahabatan di SDN Ajung 03 Jember semester genap tahun pelajaran
2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SDN
Ajung 03 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IIIA SDN Ajung 03 Jember tahun pelajaran
2016/2017 yang berjumlah 35 siswa, yaitu 17 siswa laki-laki dan 18 siswa
perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, tes, dan dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelas
IIIA SDN Ajung 03 Jember tema Indahnya Persahabatan dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Hasil belajar siswa secara klasikal prasiklus
sebesar 64,13 termasuk kriteria cukup, siklus I sebesar 71,13 termasuk kriteria
baik, dan siklus II sebesar 79,79 termasuk kriteria baik. Hasil belajar siswa secara
klasikal dari prasiklus ke siklus I meningkat sebesar 7, sedangkan dari siklus I ke
siklus II meningkat sebesar 8,66. Hasil ranah afektif siswa secara klasikal pada
prasiklus sebesar 63,09 termasuk kriteria baik, siklus I sebesar 71,43 termasuk
kriteria baik, dan siklus II sebesar 88,97 termasuk kriteria sangat baik. Hasil ranah
afektif siswa secara klasikal meningkat sebesar 8,34 dari prasiklus ke siklus I,
sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 17,54. Hasil ranah
psikomotorik siswa secara klasikal prasiklus sebesar 68,91 termasuk kriteria
cukup, siklus I sebesar 70,10 termasuk kriteria baik, dan siklus II sebesar 74,51
termasuk kriteria baik. Hasil ranah psikomotorik siswa secara klasikal meningkat
sebesar 1,19 dari prasiklus ke siklus I, sedangkan dari siklus I ke siklus II
meningkat sebesar 4,41.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, guru dapat menerapkan model
kooperatif tipe CIRC sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran pada
kurikulum 2013. Selain itu, bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan
sebagai referensi untuk mengadakan penelitian sejenis pada tema yang berbeda. | en_US |