• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN KREATIF MELALUI MEDIA ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS III SDN 03 BULUAGUNG SILIRAGUNG-BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Eva Santi Natalia_1.pdf (792.4Kb)
    Date
    2013-12-11
    Author
    Eva Santi Natalia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta menunjukkan bahwa pembelajaran bercerita di SDN 03 Buluagung dinilai membosankan oleh siswa, karena disampaikan dengan metode yang tidak menarik, tidak menggunakan media pembelajaran dan interaksi antara guru dengan siswa kurang terjalin. Hal ini mempengaruhi rendahnya keberanian siswa dan penguasaan materi yang diperoleh siswa, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian di atas maka perlu digunakan metode maupun media yang menarik bagi siswa dan dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa, yaitu metode permainan kreatif dan media ular tangga. Oleh karena itu diadakanlah penelitian yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Bercerita dengan Menggunakan Metode Permainan Kreatif melalui Media Ular Tangga pada Siswa Kelas III SDN 03 Buluagung Siliragung-Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Buluagung Siliragung-Banyuwangi pada siswa kelas III, yang terdiri dari 18 siswa. Dengan menggunakan metode permainan kreatif melalui media ular tangga. Permainan kreatif ular tangga merupakan permainan ular tangga yang dimodifikasi untuk digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan suasana santai dan menyenangkan. Dalam penerapannya, awalnya siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok lalu setiap perwakilan kelompok maju ke depan untuk melempar dadu dan menentukan kelompok mana yang mendapatkan nilai dadu tertinggi yang akan mendapatkan giliran pertama bermain. Pemain yang mendapatkan kesempatan mengambil kartu dan mendapat perintah bercerita segera bercerita, sedangkan pendengar cerita menanggapi cerita pencerita. Berdasarkan perbandingan hasil penilaian pada pembelajaran prasiklus, siklus I dan siklus II, dapat dilihat bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada prasiklus hanya ada 5 siswa yang mendapatkan nilai ≥ 60 dengan persentase 27,78 %. Setelah dilakukan pembelajaran bercerita menggunakan permainan kreatif ular tangga pada siklus I jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥ 60 menjadi 8 siswa dengan persentase 44,44 %. Pada siklus II pembelajaran menggunakan perencanaan yang lebih baik dari siklus I, peningkatan persentase nilainya menjadi 94,44 % dengan jumlah siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebanyak 17 siswa. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode permainan kreatif dengan media ular tangga dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas III SDN 03 Buluagung. Saran yang dapat diberikan setelah melakukan penelitian ini adalah :
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8206
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository