Show simple item record

dc.contributor.authorDIAN RATNANINGSIH
dc.date.accessioned2013-12-11T08:44:54Z
dc.date.available2013-12-11T08:44:54Z
dc.date.issued2013-12-11
dc.identifier.nimNIM070210204163
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8197
dc.description.abstractDi SD Negeri Sabrang 05 Ambulu khususnya kelas IV, cara belajar siswa dalam memahami suatu konsep masih dilakukan dengan cara menghafalkan suatu rumus luas saja. Rendanya perolehan hasil belajar siswa, dan jumlah siswa yang aktif pada pokok bahasan luas segitiga dan jajar genjang pada tahun lalu hanya sekitar 40% dari jumlah keseluruhan siswa. Berdasarkan latar belakang di atas maka dirumuskan masalah sebagai berikut: 1) bagaimanakah penerapan metode discovery pada pembelajaran matematika pokok bahasan luas segitiga dan jajar genjang siswa kelas IV SD Negeri Sabrang 05 Ambulu tahun pelajaran 2011/2012?; 2) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode discovery pada pembelajaran matematika pokok bahasan luas segitiga dan jajar genjang siswa kelas IV SD Negeri Sabrang 05 Ambulu tahun pelajaran 2011/2012?; dan 3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode discovery pada pembelajaran matematika pokok bahasan luas segitiga dan jajar genjang siswa kelas IV SD Negeri Sabrang 05 Ambulu tahun pelajaran 2011/2012?. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti menerapkan metode discovery dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan metode discovery pada pembelajaran matematika pokok bahasan luas segitiga dan jajar genjang siswa kelas IV SD Negeri Sabrang 05 Ambulu ahun pelajaran 2011/2012; 2) untuk meningkatkan aktivitas belajar dengan menerapkan metode discovery pada pokok bahasan luas segitiga dan jajar genjang siswa kelas IV SD Negeri Sabrang 05 Ambulu tahun pelajaran 2011/2012; dan 3) untuk meningkatkan aktivitas belajar dengan menerapkan metode discovery pada pokok bahasan luas segitiga dan jajar genjang siswa kelas IV SD Negeri Sabrang 05 Ambulu tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan dengan subyek penelitian sebanyak 16 siswa di SD Negeri sabrang 05 Ambulu. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi aktivitas guru, aktivitas belajar siswa dan tes akhir siklus. Hasil pelaksanaan siklus I aktivitas guru sebesar 88,1%, dan siklus II sebesar 92,85%. Untuk hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 40,7%, dan pada siklus II sebesar 75%. Aktivitas kelompok belajar siswa dari siklus I sebesar 62,5%, dan pada siklus II sebesar 100%. Dari hasil analisis hasil belajar pada siklus I terdapat 5 siswa yang tidak tuntas dari 12 siswa, sehingga persentase ketuntasan hanya mencapai 68,7% dari 70% yang ditentukan. Namun pada siklus II, siswa yang tidak tuntas berkurang menjadi 2 orang saja sehingga persentase ketuntasan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Pada siklus I pembelajaran belum mencapai ketuntasan klasikal, sedangkan pada siklus II sudah mencapai kentuntasan klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode discovery berhasil. Terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan metode Discovery dalam pembelajaran matematika pokok bahasan luas segitiga dan jajar genjang siswa kelas IV SD Negeri Sabrang 05 Ambulu. Saran dari penelitian ini adalah guru perlu mnuyusun LKS dengan langkah-langkah yang dapat membimbing siswa untuk menemukan rumus sendiri, perlu memperhatikan desain metode pembelajaran, harus dapat memberikan pelajaran dari yang mudah ke yang sulit agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal, dan guru membentuk kelompok belajar dalam kegiatan discovery/penemuan terbimbing.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204163;
dc.subjectMETODE DISCOVERY, POKOK BAHASAN LUAS SEGITIGAen_US
dc.titlePENERAPAN METODE AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN LUAS SEGITIGA DAN JAJAR GENJANG SISWA KELAS IV SD NEGERI POKOK BAHASAN LUAS SEGITIGA DAN JAJAR GENJANG SISWA KELAS IV SD NEGERI POKOK BAHASAN LUAS SEGITIGA DAN JAJAR SABRANG 05 AMBULU TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record