Show simple item record

dc.contributor.authorPuspitaningtyas, Zarah
dc.date.accessioned2017-09-28T03:53:26Z
dc.date.available2017-09-28T03:53:26Z
dc.date.issued2017-09-28
dc.identifier.isbn978-602-61803-5-3
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81882
dc.descriptionProsiding Seminar Nasional Pariwisata 2017 Universitas Jember – JAWA TIMURen_US
dc.description.abstractNilai-nilai budaya merupakan salah satu potensi pariwisata yang sepatutnya dikembangkan dan dilestarikan. Paper ini bertujuan mengkonseptualisasikan akuntansi budaya. Akuntansi budaya yang dimaksudkan adalah proses mengakuntansikan budaya. Setiap pembentukan budaya melalui proses. Proses tersebut menceritakan alur atau siklus, sehingga setiap budaya memiliki cerita dan makna. Batik sebagai salah satu produk budaya. Motif pada batik (khususnya batik tulis) dapat dilihat sebagai proses akuntansi budaya. Analisis pada paper ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan maksud untuk mendeskripsikan konseptualisai akuntansi budaya. Analisis dalam paper ini dilakukan berdasarkan hasil literature review dan hasil wawancara dengan para informan, yaitu pengrajin sekaligus pemilik usaha batik di Jember, Banyuwangi, dan Tuban yang dipilih berdasarkan teknik purposive. Hasil analisis menyimpulkan bahwa informasi yang terkandung dalam motif batik menjadi salah satu sarana komunikasi tradisional yang memuat simbol-simbol budaya tertentu. Konseptualisasi akuntansi budaya melalui produk batik menjadi salah satu upaya untuk melestarikan nilai-nilai budaya, sekaligus sebagai pengembangan destinasi pariwisata kreatif berbasis industri batik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKonseptualisasi Akuntansi Budayaen_US
dc.subjectProduk Budayaen_US
dc.titleKONSEPTUALISASI AKUNTANSI BUDAYAen_US
dc.typeProsidingen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record