dc.description.abstract | Kosakata merupakan kumpulan beberapa kata dari suatu bahasa, dan akan
lebih bermakna apabila kata-kata tersebut disusun menjadi kalimat. Saat ini
banyak taman kanak-kanak yang memiliki kebijakan untuk mengajarkan kosakata
bahasa Inggris pada anak, termasuk TK Pertiwi Kecamatan Gumukmas yang telah
mengeluarkan kebijakan untuk mengajarkan kosakata bahasa Inggris pada anak.
Kosakata bahasa Inggris hendaknya diajarkan dengan cara yang menyenangkan
agar menarik minat anak, kosakata tersebut dapat diajarkan melalui kegiatan
bermain dan bernyanyi.
Berdasarkan observasi anak kelompok B TK Pertiwi penguasaan kosakata
bahasa Inggris anak masih kurang, dari 10 anak kelompok B, 2 anak mampu
mengucapkan kosakata dan menjawab pertanyaan tanpa bantuan orang lain,
1 anak mampu mengucapkan kosakata dan menjawab pertanyaan tetapi belum
sempurna, 3 anak mampu mengucapkan kosakata bahasa Inggris dan menjawab
pertanyaan dengan bantuan orang lain, 3 anak belum mampu mengucapkan
kosakata dan menjawab pertanyaan, dan 1 anak tidak mau mengucapkan kosakata
dan menjawab pertanyaan. Mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu adanya
kegiatan pembelajaran yang menyenangkan untuk menarik minat anak. Kegiatan
pembelajaran tersebut yaitu dengan bermain gerak dan lagu yang diharapkan
kemampuan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak dapat berkembang.
Berdasarkan permasalahan di atas, dapat dipaparkan rumusan masalah
penelitian ini, adalah: (1) bagaimanakah proses penerapan metode bermain gerak
dan lagu untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak
kelompok B di TK Pertiwi; (2) bagaimanakah peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B setelah diterapkan metode bermain gerak
dan lagu di TK Pertiwi. Sesuai dengan rumusan masalah yang telah disebutkan di
atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan penerapan
metode permainan gerak dan lagu untuk meningkatkan penguasaan kosakata
bahasa Inggris pada anak kelompok B di TK Pertiwi; (2) meningkatkan
kemampuan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B melalui
metode bermain gerak dan lagu di TK Pertwi.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
terdiri dari pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan, tindakan, dan refleksi. Teknik
pengumpul data berupa tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukan tindakan menunjukkan,
1) penerapan metode bermain gerak dan lagu ini diawali dengan guru memberikan
contoh gerakan beserta lagu, kemudian mengajak anak-anak bernyanyi dan
menggunakan gerakan bersama-sama, lagu dan gerakan tersebut diulang beberapa
kali sampai anak–anak memahami, setelah itu guru menjelaskan kosakata bahasa
Inggris menggunakan gerakan beserta artinya dan mengajak anak-anak bermain
gerak dan lagu dengan cara menunjuk anak satu persatu untuk maju ke depan dan
menjawab pertanyaan guru. Siklus I terdapat beberapa kendala, salah satunya
adalah banyak anak yang bergerak tidak sesuai dengan perintah guru, sehingga
pada siklus II dilakukan perbaikan dengan cara Guru memberikan arahan dengan
menyebutkan kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa Indonesia.
2) Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B TK Pertiwi
Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember dengan nilai rata-rata kelas pada siklus
I yaitu 62,49, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi
81,67.
Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan dalam
metode bermain gerak dan lagu dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa
Inggris anak kelompok B TK Pertiwi Tahun Pelajaran 2016/2017. Saran yang
diberikan kepada guru hendaknya untuk menggunakan metode bermain gerak dan
lagu dalam memberikan variasi pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Inggris
anak, sehingga penguasaan kosakata bahasa Inggris anak dapat meningkat. | en_US |