dc.description.abstract | Permasalahan pada penelitian ini :
(1). Faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan pelanggan surat kabar Jawa Pos di kabupaten Jember ?;
(2). Faktor apakah yang lebih berperan dalam keputusan berlangganan surat kabar Jawa Pos?.
Permasalahan tersebut diambil judul "Faktor-Faktor Yang Menjadi Pertimbangan Pelanggan Surat Kabar Jawa Pos di Kabupaten Jember".
Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive random sampling, besarnya sampel ditetapkan sebesar 180 responden. Jumlah ini ditetapkan berdasarkan pertimbangan serta alat analisis yang dipilih dan mensyaratkan jumlah sampel yang diambil minimal 4 atau 5 kali jumlah variabel yang ditetapkan (Maholtra, 1996). Skala pengukuran yang digunakan atas tanggapan responden adalah skala Linkert dengan skala 5 angka, yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis faktor.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
(1). Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan pelanggan di kabupaten Jember ada 11 yaitu faktor produk, sosial, kebudayaan dan nilai berita, pelayanan, promosi, psikologi, harga dan jumlah halaman, preferensi konsumen, distribusi, pribadi dan politik, sehingga hipotesis pertama terbukti kebenarannya;
(2). Faktor yang memberikan kontribusi yang lebih berperan berdasarkan nilai faktor loading adalah bahasa kornunikasi pada faktor produk, sehingga hipotesis kedua terbukti kebenarannya. | en_US |