dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmentasi pasar, positioning, persepsi
masyarakat terhadap kinerja produk perusahaan, faktor-faktor yang mempengaruhi
kepuasan pelanggan serta struktur dimensi kualitas dan keandalan produk perusahaan. Alat
analisis yang digunakan adalah Analisis Faktor dan BiPlot.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama segmen pasar terbesar dari
pelanggan rumah tangga berdasarkan demografi, psikografis dan perilaku adalah
pelanggan yang usia respondennya 40 tahun ke atas, sudah nikah, jumlah anak l-2 orang,
berpendidikan SMA dan Sarjana berpendapatan Rp.1.000.000,- sampai Rp 1.499.999,-;
status kepemilikan rumah sendiri, tipe bangunan rumah permanen& tipe rumah di atas
T.100; lamanya menjadi pelanggan 10 tahun ke atas.; pelanggan merasa kesulitan hidup
tanpa penerangan listrik; bangga dan senang memiliki penerangan listrik; pelanggan yang
menyatakan pemakaian listrik sangat praktis; penerangan listrik cukup efisien;
ketergantungan terhadap kebutuhan lishik tinggi; lebih aman. Kedua; faktor-faktor yang
mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah perilaku dan sikap karyawan, valensi, tarif dan
hemat listrik keahlian dan kesan layanan waktu tunggu, manfaat, promosi gaya hidup, hobi dan sosial. Ketiga, struktur dimensi kualitas layanan dan keandalan sistem pemasaran
produk perusahaan meliputi perilaku dan sikap, valensi, keahlian, waktu tunggu, dan
sosial. Keempat, persepsi pelanggan terhadap kinerja perusahaan dapat dipetakan
berdasarkan faktor pendidikan, pekerjaan, pendapatan dan rata-rata pemakaian watt per bulan. Analisis Bi plot dari berbagai segmen demografi berkaitan dengan kesepuluh atribut
atau faktor yang terbentuk menunjukkan bahwa persepsi pelanggan berpendidikan dan
berpendapatan tinggi terhadap kinerja perusahaan adalah baik berdasarkan faktor perilaku dan sikap karyawan, lmplikasinya pada kepuasnn pelanggan. | en_US |