PENGARUH PROFESIONALISME PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TENAGA LISTRIK DI PT. PLN (PERSERO) UNIT BISNIS DISTRIBUSI JATIM AREA PELAYANAN JEMBER
Abstract
Hasil analisis pengaruh professionalisme pegawai terhadap kualitas pelayanan tenaga listrik dengan menggunakan Test Kai Kuadrat {X2} serta analisis deskriptif terhadap tingkat professionalism pegawai dan tingkat kualitas pelayanan tenaga listrik dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Dari hasil pengaruh profesionalisme pegawai dan tingkat kualitas pelayanan tenaga listrik di PT. PLN (persero) Unit Bisnis Area Pelayanan jember menunjukan bahhwa adanya pengaruh yang signifikan. Berdasakan analisis menurut Kai Kuadrat(X2), tingkat pengaruh professionalisme pegawai terhadap kualitas pelayanan tenaga listrik di kantor PLN Area pelayanan jember sebesar 4.46.
2. Bahwa tingkat profesionalisme pegawai sebesar 84.7 % dan angka tersebut tergolong criteria tinggi. Tingginya tingkat profesionalisme pegawai tercermin pada analisis data deskriptif terhadap variable profesionalisme pegawai di kantor PLN Area Pelayanan Jember.
3. Bahwa tingkat kualitas pelayanan tenaga listrik yang dilakukan oleh pegawai rata-rata sebesar 75.8% dan angka tersebut tergolong criteria cukup tinggi. Angka tersebut dapat dilihat dari rata-rata kualitas pelayanan tenaga listrik, dilihat dari besaran prosentase kelima indicator kualitas pelayanan yaitu (1) bukti langsung 76.3% (2) daya tanggap 75.8% (3) keandalan 75.3% (4) jaminan 78.1% (5) empati 75.3% dengan demikian dapat dilakukan bahwa kualitas pelayanan tenaga listrik dikantor PLN Area Pelayanan Jember tergolong cukup tinggi.