• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFISIENSI PEMASARAN KOMODITAS MELON DI KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Indah Septian_001.pdf (2.811Mb)
    Date
    2013-12-11
    Author
    INDRA SEPTIAN ARIADI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Melon banyak diusahakan oleh petani karena mampu meningkatkan pendapatan. Hal ini disebabkan minat pasar yang cukup besar pada buah melon sendiri. Permintaan buah melon selalu meningkat karena pasar yang ada masih cukup luas. Produksi melon yang tinggi belum tentu memberikan pendapatan yang tinggi kepada petani. Hal ini dikarenakan petani melon kurang memperhatikan faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi pendapatannya. Faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi pendapatan petani melon adalah produksi, harga melon, biaya produksi, umur dan pendidikan formal petani. Selain itu peningkatan pendapatan petani juga disebabkan oleh pemasaran yang dilakukan oleh petani melon masih belum efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi pendapatan petani melon di Kecamatan Ambulu, (2) saluran pemasaran melon di Kecamatan Ambulu, (3) efisiensi pemasaran melon di Kecamatan Ambulu. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dan korelasional, dengan metode pengambilan contoh secara Total Sampling dan Snow Ball Rolling. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan petani responden menggunakan kuisioner, data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, deskriptif, efisiensi pemasaran dan margin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan (1) faktor-faktor sosial ekonomi yang berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani melon di Kecamatan Ambulu adalah produksi, harga melon dan biaya produksi. Sedangkan faktor-faktor sosial ekonomi yang berpengaruh tidak nyata terhadap pendapatan petani melon di Kecamatan Ambulu adalah umur petani dan pendidikan. (2) Saluran pemasaran melon yang terjadi di Kecamatan Ambulu terdapat tiga saluran pemasaran, (3) Nilai efisiensi pemasaran saluran pemasaran I adalah 0,02%, saluran pemasaran II adalah 0,04% dan saluran pemasaran III adalah 0,06%. Dari ketiga saluran pemasaran melon adalah efisien namun yang paling efisien adalah saluran pemasaran I.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8175
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4363]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository