Show simple item record

dc.contributor.authorRachmawati, Sinta
dc.date.accessioned2017-08-29T02:35:47Z
dc.date.available2017-08-29T02:35:47Z
dc.date.issued2017-08-29
dc.identifier.issn1829-7773
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81533
dc.descriptionJurnal IKESMA Volume 12 Nomor 1 Maret 2016en_US
dc.description.abstractLatar Belakang: Pencegahan penyalahgunaan narkoba pada remaja dapat dilakukan dalam seting sekolah. Intervensi yang berdasarkan bukti ilmiah menjamin efektivitas metode. CBIA (Cara Belajar Insan Aktif) adalah metode pendidikan masyarakat yang berorientasi pada peran aktif peserta didik. Metode ini terbukti dapat meningkatkan pengetahuan kesehatan pada masyarakat. CBIA-Narkoba yang dimodifikasi dari CBIA diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pelajar SMA untuk menolak narkoba. Tujuan penelitian: adalah untuk meningkatkan pengetahuan pelajar SMAN 1 Bantul untuk menolak narkoba. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu dengan rancangan pretest – posttest control group design. Tiga puluh responden untuk kelompok CBIA-Narkoba dan 30 responden untuk kelompok kontrol. Hubungan antara variabel penelitian dianalisis dengan Wilcoxon Signed Rank dan Mann Whitney dengan taraf kepercayaan 5%. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan bermakna pada pretest dan posttest 1 rerata nilai pengetahuan pada kelompok CBIA-Narkoba (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian adalah CBIA-Narkoba mampu meningkatkan pengetahuan untuk menolak narkoba. Konsistensi peningkatan pengetahuan terjaga selama 3 minggu setelah intervensi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPengetahuanen_US
dc.subjectCBIAen_US
dc.subjectNarkobaen_US
dc.titleUPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN PADA PELAJAR SMAN 1 BANTUL TENTANG PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DENGAN INTERVENSI CBIA-NARKOBAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record