Show simple item record

dc.contributor.advisorI Ketut Mahardika
dc.contributor.advisorAgus Abdul Gani
dc.contributor.authorKarmila, Nila
dc.date.accessioned2017-08-28T02:28:17Z
dc.date.available2017-08-28T02:28:17Z
dc.date.issued2017-08-28
dc.identifier.nim120210102073
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81517
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi awal pada semester ganjil tahun 2016 di SMA Negeri 1 Pakusari, diperoleh hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 yaitu 2 siswa dari 33 siswa yang mencapai skor sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 76. Hasil wawancara terbatas dengan guru bidang studi fisika di diperoleh informasi bahwa permasalahan yang sering dihadapi guru dalam proses pembelajaran adalah rendahnya hasil belajar fisika siswa, hal ini dikarenakan siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran serta siswa tidak memiliki kesiapan belajar karena tidak memiliki buku penunjang mata pelajaran fisika yang lengkap. Permasalahan lain yang muncul di kelas XI IPA 1 yaitu rendahnya kemampuan multirepresentasi fisika siswa yang terdiri dari representasi verbal, gambar, matematik, dan grafik. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran, guru cenderung memberikan soal-soal fisika yang berkaitan dengan representasi matematik saja tanpa melibatkan representasi fisika lain seperti representasi gambar, matematik, dan grafik. Berdasarkan permasalahan di atas, maka akan dilakukan penelitian yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan multirepresentasi (verbal, gambar, matematik, dan grafik) dan hasil belajar kognitif fisika siswa yaitu model quantum teaching disertai LKS berbasis multirepresentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan multirepresentasi dan hasil belajar kognitif siswa setelah menerapkan model quantum teaching disertai LKS berbasis multirepresentasi di kelas XI IPA 1 di SMAN 1 Pakusari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pakusari tahun ajaran 2016/2017 yang dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2016 sampai 11 November 2016. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil analisis data setelah penelitian dari pra siklus hingga siklus 3 menunjukkan adanya peningkatan kemampuan multirepresentasi dan hasil belajar kognitif siswa. Nilai rata-rata kemampuan representasi verbal siswa pada pra siklus adalah 45,68, kemudian menjadi 58,18 di siklus 1, 65,15 di siklus 2, dan meningkat menjadi 90,30 di siklus 3. N-gain yang diperoleh berturut-turut dari pra siklus ke siklus 3 adalah 0,23 dengan kriteria rendah, 0,36 dengan kriteria sedang, dan 0,82 dengan kriteria tinggi. Nilai rata-rata kemampuan representasi gambar siswa juga mengalami peningkatan di setiap siklusnya, yaitu adalah 22,57 pada pra siklus, 26,67 di siklus 1, 64,24 di siklus 2, dan 88,36 di siklus 3 dengan nilai N-gain berturut-turut sebesar 0,55 dengan kriteria sedang, 0,53 dengan kriteria sedang, dan 0,82 dengan kriteria tinggi. Nilai rata-rata kemampuan representasi matematik siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus, yaitu 50,61 pada pra siklus, 51,21 di siklus 1, 53,33 di siklus 2, dan 76,06 di siklus 3 dengan N-gain berturut-turut sebesar 0,01 dengan kriteria rendah, 0,06 dengan kriteria rendah, dan 0,52 dengan kriteria sedang. Rata-rata nilai kemampuan representasi grafik siswa juga mengalami peningkatan setiap siklus, yaitu 28,18 pada siklus pra siklus, 57,27 di siklus 1, 71,21 di siklus 2, 79,39 di siklus 3 dengan N-gain berturut-turut sebesar 0,41 dengan kriteria sedang, 0,6 dengan kriteria sedang, dan 0,71 dengan kriteria tinggi. Rata-rata hasil belajar kognitif ini pun juga mengalami peningkatan di setiap siklusnya, yaitu 36,76 di pra siklus, 48,33 di siklus 1, 63,48 di siklus 2, dan 83,03 di siklus 3 dengan N-gain berturut-turut 0,18 dengan kriteri rendah, 0,42 dengan kriteria sedang, dan 0,73 dengan kriteria tinggi Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan multirepresentasi (verbal, gambar, matematik, dan grafik) dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Pakusari mengalami peningkatan setelah menggunakan model quantum teaching disertai LKS berbasis multirepresentasien_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectQUANTUM TEACHINGen_US
dc.subjectMULTIREPRESENTASI (VERBAL, GAMBAR, MATEMATIK, DAN GRAFIK)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DISERTAI LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI (VERBAL, GAMBAR, MATEMATIK, DAN GRAFIK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA 1 DI SMAN 1 PAKUSARIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record