Show simple item record

dc.contributor.advisorSinggih Bektiarso
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorUmmah, Nila Faridatul
dc.date.accessioned2017-08-28T02:24:18Z
dc.date.available2017-08-28T02:24:18Z
dc.date.issued2017-08-28
dc.identifier.nim130210204008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81516
dc.description.abstractHasil wawancara dengan guru kelas menunjukkan adanya permasalahan pada pembelajaran IPA yaitu pembelajaran masih menggunakan metode dan media yang kurang bervariasi serta siswa masih kesulitan membedakan jenis-jenis pengungkit dan katrol. Hasil wawancara dengan siswa menunjukkan bahwa pada saat pembelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana siswa hanya mencatat materi pelajaran tanpa adanya praktek, sehingga pembelajaran cenderung monoton. Berdasarkan dokumentasi nilai siswa diperoleh, KKM yang ditetapkan sekolah adalah 70. Siswa yang mendapat nilai di bawah KKM (< 70) berjumlah 20 siswa dari 37 siswa. Siswa yang mendapat nilai di atas KKM (≥ 70) berjumalh 17 siswa. Hasil wawancara dan dokumentasi nilai yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah, sehingga diterapkan metode eksperimen untuk memperbaiki pembelajaran. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, dapat diambil rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pesawat sederhana menggunakan metode eksperimen di SDN Kebonsari 04 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA pokok bahasan pesawat sederhana di SDN Kebonsari 04 Jember Tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian siswa kelas VA SDN Kebonsari 04 Jember yang berjumlah 37 siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data berupa observasi dan tes Analisis data menggunakan deskriptif untuk menganalisis aktivitas dan hasil belajar setelah dilakukan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen pada pokok bahasan pesawat sederhana dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata persentase aktivitas belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 65,5% dan rata-rata persentase aktivitas belajar secara klasikal pada siklus II sebesar 81,8%. Peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar pada siklus I ke siklus II sebesar 16,3%. Rata-rata skor hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 71 dan skor hasil belajar secara klasikal pada siklus II sebesar 80,4.Peningkatan rata-rata skor hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 9,4. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pesawat sederhana. Saran bagi guru kelas, penerapan metode eksperimen dapat dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran agar siswa terlatih melakukan sesuatu yang baru. Bagi sekolah agar menyediakan saran dan prasarana yang sesuai dengan materi yang dipelajari siswa, sehingga siswa semangat mengikuti pembelajaran. Bagi peneliti lain, penelitian dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian lain dengan acuan permasalahan yang berbeda dan dapat menyempurnakan kekurangan yang ada dalam penelitian ini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMETODE EKSPERIMENen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA SDN KEBONSARI 04 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record