dc.description.abstract | Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 33 Ayat 3 tentang sistem
pendidikan nasional menyatakan bahwa “Bahasa asing dapat digunakan sebagai
bahasa pengantar pada satuan pendidikan tertentu untuk mendukung kemampuan
berbahasa asing peserta didik”. Sesuai dengan pernyataan tersebut TK Kemala
Bhayangkari telah mengeluarkan kebijakan untuk mengajarkan bahasa Inggris pada
anak usia dini. Namun pada anak kelompok B2 masih banyak ditemukan anak yang
belum menguasai kosa kata bahasa Inggris, 3 anak mampu melafalkan kosa kata
bahasa Inggris dan menjawab pertanyaan tanpa banyuan oranglain, 5 anak mampu
melafalkan dan menjawab pertanyaan belum sempurna, 6 anak mampu menjawab dan
melafalkan kosa kata dengan bantuan, dan 10 anak belum mampu melafalkan kosa
kata bahasa Inggris. Hal tersebut dikarenakan media yang digunakan kurang menarik.
Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya media yang dapat digunakan salah
satunya yaitu media kartu bergambar (flash card), karna media kartu bergambar
memudahkan anak dalam memahami materi yang disampaikan, menarik perhatian
anak dan menyenangkan, sehingga penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak
kelompok B TK Kemala Bhayangkari 31 Tanggul dapat meningkat sesuai harapan.
Berdasarkan permasalahan di atas, dapat dipaparkan rumusan masalah
penelitian ini, adalah: 1) bagaimanakah penerapan media kartu bergambar (flash
card) untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa inggris anak kelompok B di
TK Kemala Bhayangkari 31 Tanggul?; 2) bagaimanakah peningkatan penguasaan
kosa kata bahasa inggris anak kelompok B melaui media kartu bergambar (flash
card) di TK Kemala Bhayangkari 31 Tanggul?. Sesuai dengan rumusan masalah yang telah disebutkan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekripsikan
penerapan media kartu bergambar (flash card) untuk meningkatkan penguasaan kosa
kata bahasa Inggris anak dan mengetahui peningkatan penguasaan kosa kata bahasa
Inggris anak kelompok B setelah diterapkannya penggunaan media kartu bergambar
(flash card) di TK Kemala Bhayangkari 31 Tanggul tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 31
Tanggul. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang terdiri dari pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data
kuantitatif.
Penerapan media kartu bergambar dilakukan sambil bermain. Beberapa anak
yang tidak mau bermain dibujuk oleh temannya agar mau bermain bersama, dan anak
yang tidak bisa melafalkan kosa kata diajak melafalkan berulang-ulang. Hasil dari
penerapan media kartu bergambar tersebut menunjukkan adanya peningkatan
penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 31 Tanggul berupa nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan pada siklus I 62,46
kemudian pada siklus II mengalami peningkatan lagi yaitu mencapai 88,87. Selain itu
peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak juga bisa dilihat dari
persentase ketuntasan kemampuan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak pada
siklus I mencapai 62,5% dan pada siklus II persentase ketuntasan kemampuaan
penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak meningkat lagi menjadi 87,5%.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas saran yang
diberikan kepada guru adalah untuk menggunakan media kartu bergambar dalam
meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak, sehingga kemampuan kosa
kata bahasa Ingris anak dapat optimal. Selain itu saran yang diberikan kepada peneliti
lain hendaknya memperhatikan kelemahan dan kelebihan penelitian ini sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penelitianya | en_US |