dc.description.abstract | Penelitian ini berjudul "Analisis Segmentasi Pasar Konsumen Beras di Kabupaten Lumajang''. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana segmen pasar konsumen beras di Kabupaten Lumajang dan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang tepat diterapkan oleh perusahaan beras di Kabupaten Lumajang.
Obyek penelitian ini adalah pasar konsumen beras. Sampel yang diambil sebanyak 60 kasus, yang diambil melalui teknik insidential, yaitu teknik pengambilan sampel secara langsung dari responden pada saat kejadian sedang berlangsung. Penelitian berlokasi di wilayah Kabupaten Lumajang, tepat di tiga pasar, yaitu Pasar Sukudono, Pasar Ranuyoso dan Pasar Yosowilangun. Jenis data yang diperlukan adalah data primer, yaitu data yang diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik kluster dan teknik statistik Chi square. Teknik kluster digunakan sehubungan dengan pengelompokkan konsumen ke dalam grup-grup yang didasarkan pada ciri-ciri demografisnya, yaitu berdasarkan pada tingkat pendidikan, penghasilan dan ukuran keluarga. Teknik Chi square (Tabel Kontingensi) digunakan untuk mengetahui pandangan konsumen tentang pentingnya atribut produk dalam proses pengambilan keputusan pembelian beras pada masing-masing grup (kategori).
Analisis kluster, berdasarkan variabel segmentasi tingkat pendidikan, konsumen beras di Kabupaten Lumajang dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu kategori konsumen pendidikan SD, SMTP dan SMTA ke atas. Berdasarkan variabel penghasilan dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu kategori konsumen penghasil kurang dari 250.000, 250.000-500.000 dan lebih dari 500.000. Berdasarkan variabel ukuran keluarga dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu kategori konsumen ukuran keluarga kurang dari empat dan kategori konsumen ukuran keluarga lebih atau sama dengan empat. Analisis Chi square, secara menyeluruh menghasilkan bahwa pandangan konsumen tentang atribut produk beras cenderung sama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pasar konsumen beras di Kabupaten Lumajang adalah segmen massal. Yaitu suatu segmen yang jumlah konsumennya besar (menyeluruh) dan mempunyai suatu kecenderungan preferensi yang sama.
Dari hasil segmentasi tersebut, alternatif strategi pemasaran beras di Kabuapten Lumajang yang tepat adalah strategi pemasaran massal (undifferentiated marketing). Yaitu suatu strategi yang menganggap suatu pasar sebagai satu pasar besar dengan kebutuhan yang serupa, tanpa ada segmen-segmen individual. Oleh karena itu, dalam strategi ini perusahaan diharapkan untuk memenuhi kebutuhan semua pembeli dengan melakukan produksi massa, distribusi massa, dan promosi massa. Strategi pemasaran massal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan skala ekonomis, sehingga biaya dan harganya rendah dan dapat menjangkau sebanyak mungkin pembeli potensial. | en_US |