Show simple item record

dc.contributor.advisorMohammad Na’im
dc.contributor.advisorSri Handayani
dc.contributor.authorSafitri, Dyah Ayu
dc.date.accessioned2017-08-21T02:49:10Z
dc.date.available2017-08-21T02:49:10Z
dc.date.issued2017-08-21
dc.identifier.nim130210302039
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81335
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya sikap sosial dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah di SMA Negeri Plus Sukowono Kabupaten Jember. Penggunaan teknologi informasi membawa efek negatif bagi anak. Peserta didik menjadi jarang berinteraksi dan bersikap asosial. Analisis awal data sikap sosial anak dengan menggunakan 5 indikator sebesar 34,7% dan ketuntasan hasil belajar ranah kognitif sebesar 22%. Melalui kajian ini diharapkan terjadi peningkatan sikap social dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Quantum Learning.. Pendidik berupaya menerapkan model pembelajaran Quantum Learning agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk menganalisis peningkatan sikap sosial peserta didik melalui model pembelajaran Quantum Learning siswa kelas XI IPS 2 SMAN Plus Sukowono tahun ajaran 2016/2017; dan (2) untuk menganalisis peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Quantum Learning siswa kelas XI IPS 2 SMAN Plus Sukowono tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model penelitian dari Hopkins. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, satu siklus dilaksanakan sebanyak dua kali tindakan. Subjek penelitian sebanyak 22 orang pada semester genap. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi, kuesioner, lembar tes soal, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa sikap social dan hasil belajar peserta didik meningkat. Sikap sosial peserta didik diukur melalui kuesioner dan observasi langsung selama proses pembelajaran.Persentase sikap sosial peserta didik dalam indikator bertoleransi dengan baik terhadap teman pada siklus 1 sebesar 50%, pada siklus 2 meningkat 17% menjadi 67%, dan pada siklus 3 meningkat sebesar 9% menjadi 76%. Persentase sikap sosial peserta didik dalam indikator bekerja sama antar sesama teman saat diskusi pada siklus 1 sebesar 56,8%, pada siklus 2 meningkat sebesar 17% menjadi 73,8%, dan pada siklus 3 meningkat sebesar 3,4% menjadi 77,2%. Persentase sikap sosial peserta didik dalam indikator menunjukan rasa persaudaraan antar sesama teman di kelas pada siklus 1 sebesar 46,5%, pada siklus 2 meningkat sebesar 20,5% menjadi 67%, dan pada siklus 3 meningkat sebesar 8% menjadi 75%. Persentase sikap sosial peserta didik peduli sosial pada siklus 1 sebesar 53,4%, pada siklus 2 meningkat sebesar 21,6% menjadi 75%, dan pada siklus 3 meningkat sebesar 6,8% menjadi 81,8%. Persentase sikap sosial peserta didik menghargai prestasi pada siklus 1 sebesar 55,6%, pada siklus 2 meningkat sebesar 18,2% menjadi 73,8%, pada siklus 3 meningkat sebesar 10,2% menjadi 84%. Hasil belajar peserta didik diukur melalui tes pada aspek kognitif yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Persentase perolehan hasil belajar peserta didik pada pra siklus sebesar 22% dengan rata-rata sebesar 70.1%. Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 2 pada siklus 1 diketahui sebesar 45,4% dan terjadi peningkatan sebesar 1,99% pada rata-rata kelas menjadi 71,5%, pada siklus 2 persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 59,09% dan terjadi peningkatan sebesar 4,05% pada rata-rata kelas menjadi 74,4%. Pada siklus 3 mencapai persentase sebesar 86,3% dan terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 4,7% pada rata-rata kelas menjadi 77,9%. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan sikap sosial peserta didik dan hasil belajar mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS 2 di SMAN Plus Sukowono tahun ajaran 2016/2017.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectQUANTUM LEARNINGen_US
dc.subjectSIKAP SOSIALen_US
dc.titlePENERAPANMODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUKMENINGKATKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK DAN HASIL BELAJARMATA PELAJARANSEJARAH KELASXI IPS 2 DI SMAN PLUS SUKOWONO TAHUNAJARAN 2016/ 2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record