dc.description.abstract | Membaca merupakan salah satu bentuk keterampilan bahasa yang penting
dikembangkan untuk anak usia dini. Tahap awal membaca pada anak usia dini
disebut membaca permulaan. Kemampuan membaca permulaan pada anak usia
dini perlu dikembangkan sesuai dengan kompetensi yang ada dalam
Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan
Anak Usia Dini dalam aspek bahasa yaitu memahami bahasa reseptif (menyimak
dan membaca). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di TK
Dharma Indria II Sumbersari Jember diketahui bahwa dari 21 terdapat 14 anak
yang kemampuan membaca permulaannya masih belum berkembang dengan baik.
Hal tersebut dapat diketahui melalui banyak kesalahan dalam menyebutkan dan
menunjukkan lambang bunyi huruf yang ditunjukkan kepada anak. Penyebab
belum berkembangnya kemampuan membaca permulaan anak yaitu media
pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan tidak menggunakan benda
konkret atau gambar sesuai tema sehingga kurang menarik perhatian anak.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada
penelitian ini adaah: (1) bagaimanakah penerapan media stiker alfabet dalam
meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 di TK
Dharma Indria II Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017?; (2)
bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2
melalui media stiker alfabet di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember tahun
pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan
penelitian ini adalah: (1) mendreskripsikan penerapan media stiker alfabet dalam
meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017; (2)
meningkatkan kemampuan anak kelompok B2 dalam membaca permulaan di TK
Dharma Indria II Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember.
Subjek penelitan ini yaitu anak kelompok B2 yang berjumlah 21 anak, terdiri atas
7 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) dan menggunakan model penelitian dari Mulyasa. Setiap
siklus terdiri atas 4 tahap yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
data deskriptif kuantitatif dan analisis data deskriptif kualitatif.
Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa proses penerapan
media stiker alfabet untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak
kelompok B2 di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember tahun pelajaran
2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdapat hambatan yang berkaitan
dengan indikator penilaian pada siklus I yaitu sebagian besar anak menyebutkan
lambang bunyi huruf masih menggunakan lagu sehingga anak cenderung hafal
dengan urutannya namun tidak mengetahui lambang bunyi hurufnya.
Permasalahan pada siklus I diperbaiki pada siklus II dengan cara menunjukkan
stiker alfabet secara acak tanpa lagu kemudian anak menyebutkan lambang bunyi
huruf yang ditunjukkan kepada anak secara acak. Peningkatan kemampuan
membaca permulaan anak kelompok B2 di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas
pada pra siklus 58,33, siklus I 70,23 dan siklus II meningkat menjadi 82,14.
Saran yang dapat disampaikan yaitu guru hendaknya mempertimbangkan
cara yang tepat untuk anak menghafal lambang bunyi huruf sehingga anak dapat
menyebutkan dan menunjukkan lambang bunyi huruf dengan benar meskipun
tidak diurutkan, selain itu guru harus menciptakan suasana pembelajaran yang
menarik dan menyenangkan utamanya dalam pembelajaran membaca permulaan.
Sekolah hendaknya memfasilitasi media penunjang yang dibutuhkan untuk
menarik perhatian dan minat belajar anak. | en_US |