• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 1 KENCONG TAHUN AJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    DILA ISNI SEPRAN DIAN TALIN_1.pdf (3.390Mb)
    Date
    2017-08-16
    Author
    TALIN, DILA ISNI SEPRAN DIAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kencong selama ini masih menggunakan pendekatan teacher centered learning yaitu pembelajaran yang berpusat pada pendidik, sehingga selama aktivitas pembelajaran berlangsung peserta didik cenderung pasif untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan mengubah strategi pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Learning tipe Question Student Have (QSH). Strategi pembelajaran Active Learning tipe Question Student Have (QSH) menuntut peserta didik lebih aktif dalam bertanya dengan menggunakan sebuah teknik untuk mendapatkan partisipasi peserta didik melalui tulisan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan strategi pembelajaran Active Learning tipe Question Student Have (QSH) pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas XII IPA 2 di SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2016/2017?; (2) apakah penerapan strategi pembelajaran Active Learning tipe Question Student Have (QSH) pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPA 2 di SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2016/2017?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan strategi pembelajaran Active Learning tipe Question Student Have (QSH) dalam pembelajaran sejarah kelas XII IPA 2 di SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2016/2017; (2) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan strategi pembelajaran Active Learning tipe Question Student Have (QSH) dalam pembelajaran sejarah kelas XII IPA 2 di SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2016/2017. Manfaat dari penelitian ini adalah (1) bagi peneliti, pengembangan ilmu pengetahuan yang akan datang; (2) bagi pendidik, sebagai referensi dalam pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik, khususnya dalam pembelajaran sejarah; (3) bagi peserta didik, memberikan sajian pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, sehingga peserta didik tidak menganggap pelajaran sejarah sebagai pelajaran yang membosankan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kencong. Kelas XII IPA 2 terdiri dari 32 peserta didik, 20 peserta didik perempuan dan 12 peserta didik laki-laki. Desain penelitian ini menggunakan model skema penelitian model Hopkins dengan 4 tahapan dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar sejarah peserta didik yang menunjukkan peningkatan dari pra siklus ke siklus 1 kemudian ke siklus 2 dengan cukup baik dan lebih aktif dalam pembelajaran. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik pra siklus dari 50,69% meningkat 31,50% pada siklus 1 menjadi 66,66%. Siklus 2 sebesar 79,33% meningkat 19,00% dari hasil aktivitas belajar siklus 1. Peningkatan hasil belajar sejarah pada siklus 1 sebesar 68,75% meningkat 46,66% dari hasil belajar kogitif pra siklus 46,87%. Siklus 2 sebesar 84,37% meningkat 22,72% dari hasil belajar kognitif siklus 1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Active Learning Tipe Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kencong Tahun Ajaran 2016/2017.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81297
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository