Show simple item record

dc.contributor.advisorTrapsilasiwi, Dinawati
dc.contributor.advisorSetiawani, Susi
dc.contributor.authorHidayati, Khuri
dc.date.accessioned2017-08-15T02:31:49Z
dc.date.available2017-08-15T02:31:49Z
dc.date.issued2017-08-15
dc.identifier.nimNIM120210101096
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81173
dc.description.abstractMatematika merupakan ilmu dasar yang perlu mendapat perhatian cukup besar, terutama dalam menyongsong era globalisasi. Kesulitan belajar peserta didik merupakan suatu kondisi tertentu yang ditandai dengan adanya hambatan dalam proses belajar, sehingga berpengaruh terhadap ketuntasan hasil belajarnya. Oleh karena itu, usaha memperoleh hasil belajar yang memadai dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran dan pendekatan yang kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan open-ended, aktivitas siswa selama proses pembelajaran, serta ketuntasan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Al-Furqon Jember tahun ajaran 2016/2017. Pokok bahasan yang digunakan dalam pembelajaran adalah Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) pada siklus 1 dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PtLSV) pada siklus 2. Tes dilakukan pada setiap akhir siklus, sehingga dalam penelitian ini dilaksanakan 2 kali tes. Siswa yang dinyatakan telah tuntas belajar adalah siswa yang nilai tesnya telah memenuhi KKM yang ditentukan oleh SMP Al-Furqon Jember untuk mata pelajaran Matematika. Pendekatan open-ended yang digunakan dalam penelitian ini menyajikan permasalahan terbuka yang memiliki lebih dari satu jawaban benar. Siswa kelas VII C yang teridiri dari 23 siswa dibentuk menjadi 6 kelompok diskusi yang masing-masing kelompok beranggotakan siswa dengan kemampuan akademik yang heterogen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan open-ended berjalan dengan baik dan lancar. Pada tahap orientasi guru selalu berusaha memberikan motivasi agar siswa antusian dan aktif dalam pembelajaran di kelas. Pembekalan masalah terbuka dilakukan dengan memberikan penjelasan umum kepada siswa mengenai materi yang akan dibahas disertai dengan contohnya. Kemudian siswa diminta untuk mengerjakan masalah terbuka secara individu. Selanjutnya siswa diminta untuk mendiskusikan permasalahan terbuka yang telah dikerjakan secara individu tersebut dengan anggota kelompok masing-masing. Hasil diskusi kelompok dipresentasikan di depan kelas. Pada akhir pembelajaran, siswa diminta untuk memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung selalu mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat melalui rata-rata persentase aktivitas siswa secara klasikal pada pembelajaran 1 sebesar 60,8%, pada pembelajaran 2 sebesar 74,2%, pada pembelajaran 3 sebesar 82,2%, dan pada pembelajaran 4 sebesar 89,1%. Demikian pula ketuntasan hasil belajar siswa, diperoleh hasil bahwa persentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 adalah 65,2%. Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa siswa kelas VII C masih belum tuntas belajar pada siklus 1. Namun, hasil yang lebih baik tampak pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 78,2%. Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa siswa kelas VII C dinyatakan telah tuntas belajar. Adanya peningkatan hasil belajar tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan pendekatan open-ended dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C pada pokok bahasan PLSV dan PtLSV.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210101096;
dc.subjectPembelajaran Kooperatifen_US
dc.subjectPendekatan Open-Endeden_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan PLSV Dan PtLSV Kelas VII SMP Al-Furqon Jember Tahun Ajaran 2016/2017en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record