Show simple item record

dc.contributor.advisorSugiarti, Titik
dc.contributor.advisorHutama, Fajar Surya
dc.contributor.authorDevi, Kartika Candra
dc.date.accessioned2017-08-15T01:36:04Z
dc.date.available2017-08-15T01:36:04Z
dc.date.issued2017-08-15
dc.identifier.nimNIM130210204086
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81165
dc.description.abstractPembelajaran matematika di SD hendaknya diorientasikan untuk terciptanya aktivitas-aktivitas yang mendukung terjadinya perolehan pemahaman konsep-konsep matematika yang lebih mendalam oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN Sukosari 01 Bondowoso diketahui bahwa guru belum banyak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Kurangnya penggunaan metode atau model pembelajaran yang inovatif di setiap pembelajaran matematika menjadi salah satu penyebab rendahnya aktivitas belajar siswa. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari data skor ulangan harian siswa, hanya 41,17% atau 14 siswa dari 35 siswa yang berhasil mencapai KKM. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu, bagaimanakah penerapan PMR pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sukosari 01 Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017?; bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui PMR pada siswa kelas V SDN Sukosari 01 Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017?; bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui PMR pada siswa kelas V SDN Sukosari 01 Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Sukosari 01 Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Penerapan PMR pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan berjalan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan aktivitas guru dan siswa yang disesuaikan dengan indikator penerapan PMR. Penerapan PMR dengan lima karakteristik penggunaan konteks, penggunaan model, kontribusi siswa, interaktivitas dan keterkaitan dilaksanakan dengan baik. Dalam penerapan PMR masih terdapat beberapa kendala, salah satunya ketika kegiatan kerja kelompok beberapa siswa yang memiliki kemampuan kurang tidak sepenuhnya terlibat aktif dalam mengerjakan LKS. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I meningkat dari 62,92% menjadi 77,42%. Persentase aktivitas terendah pada siklus I adalah kegiatan menjelaskan masalah kontekstual yaitu sebesar 58,57%, sedangkan persentase tertinggi adalah aktivitas presentasi kelas sebesar 65,71%. Pada siklus II, persentase aktivitas terendah siswa adalah kegiatan memahami masalah kontekstual yaitu sebesar 73,92%, sedangkan persentase tertinggi adalah aktivitas menyelesaikan masalah kontekstual dan membuat kesimpulan yaitu sebesar 79,28%. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 65,11 pada siklus I menjadi 75,54 pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan 60% pada siklus I menjadi 82,8% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang berkaitan dengan penerapan PMR yaitu guru dan peneliti perlu mempersiapkan segala keperluan pembelajaran, melakukan bimbingan khusus untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa yang berada pada tingkat kemampuan sangat kurang. Guru juga perlu memberikan penjelasan atau instruksi pengerjaan soal secara jelas pada siswa dan memastikan setiap siswa memahami prosedur pengerjaan soal bentuk gambar (visual) dalam LKS.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210204086;
dc.subjectPenerapan PMRen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePenerapan PMR untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Siswa Kelas V SDN Sukosari 01 Bondowoso Tahun 2016/2017en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record