dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas metode pembelajaran diskusi kelompok kecil dalam mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar. Dalam penelitian tindakan kelas ini melibatkan 44 responden siswa kelas II A SLTP Negeri 7 Jember yang dilaksanakan pada cawu I. Penelitian ini diawali dengan merumuskan rencana tiap siklus, mengadakan PBM dengan penerapan metode diskusi kelompok kecil. Tahap tiap siklus meliputi rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai langkah awal dilakukan pemberian tes, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dan dijadikan sebagai dasar pembentukan kelompok, selanjutnya dilaksanakan penerapan metode diskusi kelompok kecil. Selama pelaksanaan metode diskusi kelompok kecil dilakukan observasi, di samping itu dilakukan tes setelah PBM, wawancara dan penyebaran angket terhadap siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa minat belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 18,18%, peningkatan dalam minat belajar ini mendorong siswa untuk berperilaku positif yaitu aktifitas siswa meningkat sebesar 29,55% (13 siswa), aktifitas tersebut ditandai dengan partisipasi siswa dalam PBM berupa keberanian dalam mengungkapkan pendapat dan bertanya sesama teman. Efektifitas penerapan metode diskusi kelompok kecil dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan minat belajar, keaktifan siswa dan hasil belajar yang tinggi. sebesar 85,15%, selain itu pelaksanaan penerapan metode diskusi kelompok kecil telah sesuai dengan prosedur yang direncanakan. | en_US |