Show simple item record

dc.contributor.advisorHobri
dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.authorSUSANTI, HESSY
dc.date.accessioned2017-08-10T07:56:53Z
dc.date.available2017-08-10T07:56:53Z
dc.date.issued2017-08-10
dc.date.submitted
dc.identifier.nim150220101001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81026
dc.description.abstractMembuat perangkat pembelajaran merupakan salah satu tugas pokok guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dimaksud meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tes Hasil Belajar (THB). Dalam penelitian ini, perangkat pembelajaran dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan model Problem-Based Learning untuk mengembangkan kreativitas siswa MTs pada materi bangun ruang sisi datar khususnya keliling jaring-jaring prisma. Problem-Based Learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan permasalahan nyata sebagai fokus utama dan sebagai sarana bagi siswa untuk mengembangkan ketrampilan dalam menyelesaikan masalah, berpikir kritis dan kreatif serta membangun pengetahuan baru melalui penyelesaian masalah yang bersifat terbuka (open ended). Alasan pemilihan materi bangun ruang sisi datar khususnya keliling jaring-jaring prisma dalam penelitian ini karena pada siswa kelas VIII tingkat SMP/MTs materi ini belum disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis Problem-based Learning (PBL) untuk mengembangkan kreativitas siswa SMP/ MTs kelas VIII yang valid, praktis dan efektif serta hasil rumusan keliling jaring-jaring prisma tegak segi-n beraturan dengan sisi tegak mengelompok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan rancangan penelitian model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Terdapat 2 jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran validator, praktisi maupun siswa. Sedangkan skor hasil validasi, skor lembar observasi guru dan siswa, skor hasil tes hasil belajar dan angket respon siswa digunakan untuk mengukur data kuantitatif. Analisis data kualitatif dan data kuantitatif dilakukan untuk menilai apakah perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi syarat valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi perangkat yang dilakukan oleh 4 validator yaitu rata-rata keseluruhan skor validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 3,89; rata-rata keseluruhan skor validasi Lembar Kerja Siswa (LKS) 3,73; rata-rata keseluruhan skor validasi Lembar Obsevasi Aktivitas Guru 3,83; rata-rata keseluruhan skor validasi Lembar Obsevasi Aktivitas Siswa 3,83; rata-rata keseluruhan skor validasi Lembar Tes Hasil Belajar (THB) 3,91; rata-rata keseluruhan skor validasi Lembar Angket Respon Siswa 3,72. Hal ini berarti bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Ujicoba lapangan dilakukan di MTs Negeri 8 Jember digunakan untuk memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan. Kepraktisan diperoleh dari hasil rata-rata keseluruhan skor hasil observasi aktivitas guru 2,54 yang menunjukkan kriteria baik. Ini berarti perangkat yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Keefektifan dinilai dari tes hasil belajar siswa yang menjawab tuntas sebanyak 89,29%; hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan 94,05% sangat aktif dan sebanyak 89,3 % siswa memberikan respon positif. Berdasar aktivitas tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat memenuhi kriteria efektif. Pada penelitian ini, juga menghasilkan penemuan rumus keliling jaringjaring prisma tegak segi-n beraturan dengan sisi tegak mengelompok yaitu: Kjn = 2 ((2n - 2)a + t) , n ≥ 3 Keterangan: Kjn = Keliling jaring-jaring prisma tegak segi-n beraturan dengan sisi tegak mengelompok n = jumlah rusuk alas prisma tegak segi-n beraturan a = panjang rusuk alas prisma tegak segi-n beraturan t = tinggi prisma tegak segi-n beraturanen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectBANGUN RUANG SISI DATARen_US
dc.subjectPROBLEM-BASED LEARNING (PBL)en_US
dc.subjectKREATIVITAS SISWAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record