Show simple item record

dc.contributor.advisorKhutobah
dc.contributor.advisorLatif, Misno A.
dc.contributor.authorIstiqmala, Indah
dc.date.accessioned2017-08-10T07:12:17Z
dc.date.available2017-08-10T07:12:17Z
dc.date.issued2017-08-10
dc.identifier.nimNIM130210205077
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81012
dc.description.abstractKemampuan motorik halus merupakan kemampuan menggerakan otot-otot kecil pada bagian tubuh tertentu seperti jemari tangan, lengan tangan karena motorik halus tidak membutuhkan gerakkan yang memerlukan tenaga yang besar. Motorik halus anak dapat dikembangkan melalui beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan perkembangannya, salah satu kegiatan tersebut adalah kegiatan menganyam. Kegiatan menganyam merupakan kegiatan keterampilan tangan yang menyusupkan lungsi dan pakan. Berdasarkan observasi pada anak kelompok B1 di TK Siswa Budhi diketahui bahwa kemampuan motorik halus anak berkembang kurang maksimal terlihat dari hasil prasiklus diketahui bahwa 75% atau 6 anak dari jumlah keseluruhan yaitu 8 anak memiliki kemampuan motorik halus yang masih kurang baik, dan 25% atau 2 anak dari jumlah keseluruhan sudah memiliki kemampuan motorik halus yang baik. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar kelompok B1 mengalami kesulitan dalam mengembangkan motorik halusnya seperti anak kurang bisa menggambar yang dicontohkan guru, anak kurang bisa mengancingkan bajunya sendiri, anak mdah capek ketika diberi tugas oleh guru, dan pada saat makan anak tidak bisa membuka bungkus makanannya sendiri sehingga anak selalu meminta bantuan kepada guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan kegiatan menganyam dalam pembelajaran kemampuan motorik halus. Masalah yang dirumuskan dalam masalah ini yaitu 1) bagaimanakah penerapan kegiatan menganyam untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B1 di TK Sisa Budhi Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?; 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B1 melalui kegiatan menganyam di TK Siswa Budhi Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B1 melalui kegiatan menganyam di TK Siswa Budhi Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Siswa Budhi Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 8 anak (3 anak laki-laki dan 5 anak perempuan). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak setelah diberikan tindakan dengan menerapkan kegiatan menganyam pada proses pembelajaran. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus 1 sebesar 60.1 dan siklus 2 meningkat menjadi 82.8. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan menganyam dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B1 TK Siswa Budhi Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Saran bagi guru, hendaknya dapat menerapkan kegiatan menganyam sebagai alternatif dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran mengembangkan kemampuan motorik halus anak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210205077;
dc.subjectMotorik Halus Anaken_US
dc.subjectMenganyamen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B1 Melalui Kegiatan Menganyam di TK Siswa Budhi Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record