Show simple item record

dc.contributor.authorHimmah, Irliana Faiqotul
dc.date.accessioned2017-08-10T04:30:16Z
dc.date.available2017-08-10T04:30:16Z
dc.date.issued2017-08-10
dc.identifier.issn0852-601X
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80992
dc.descriptionJurnal Pancaran, Vol. 6, No. 1, hal 99-106, Februari 2017en_US
dc.description.abstractPenelitian ini didasarkan atas fenomena bagaimana peranan penggunaan metode iqro’ terhadap hasil belajar. Mengingat pada program Keaksaraan Fungsional dengan satuan pendidikan Kelompok Belajar yang perlu diperhatikan adalah penggunaan metode yang tepat yang sesuai dengan karakteristik warga belajar, supaya warga belajar merasa tertarik dan berminat untuk mengikuti proses pembelajaran di Keaksaraan Fungsional tanpa ada paksaan, sehingga dengan penggunaan metode yang tepat diharapkan hasil belajar yang merupakan tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Sesuai dengan fenomena tersebut, penelitian ini difokuskan pada pertanyaan dasar, bagaimana peranan penerapan Metode Iqro’ terhadap hasil belajar? Untuk itu, penelitian ini bertujuan mendiskripsikan tentang: 1) peranan penerapan Metode Iqro’ terhadap kemampuan membaca, menulis, berhitung (calistung), 2) ketepatan penerapan Metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung (calistung). Berdasarkan masalah fokus penelitian tersebut maka penelitian ini diungkap dengan menggunakan pendekatan kualitatif berupa studi kasus untuk mengungkap secara holistik fenomena yang terjadi secara menyeluruh dan mendalam pada Kelompok Belajar Merpati. Sumber data dalam penelitian dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu: person, place dan activity. Semua sumber data tersebut digali melalui tekhnik observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode iqro’ pada pembelajaran calistung di keaksaraan fungsional dasar merpati dengan berdasarkan atas latar belakang warga yang lebih bisa mengaji/membaca huruf arab daripada membaca huruf alfabeth,telah memberikan hasil yang maksimal terhadap perkembangan kemampuan warga, karena selain mereka dapat membaca, menulis dan berhitung huruf alfabeth serta mampu memahami isi bacaan, kemampuan mengaji atau membaca huruf arab warga semakin meningkat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMetode iqro’en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectProgram Keaksaraan Fungsionalen_US
dc.titlePERANAN PENERAPAN METODE IQRO’ TERHADAP HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DASAR MERPATIen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record