PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR- SHARE (TPS) DISERTAI METODE GUIDED NOTE TAKING (GNT) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN GERAK LURUS DI SMA NEGERI RAMBIPUJI
Abstract
Fisika merupakan ilmu pengetahuan sains yang berkaitan dengan cara
mencari tahu tentang alam secara sistematis, berupa penemuan, penguasaan
kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, atau prinsip, serta proses
pengembangan lebih lanjut dalam menerapkan pengetahuan di dalam kehidupan
sehari-hari. Pembelajaran fisika merupakan salah satu ilmu sains yang diberikan
pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuan Pembelajaran Fisika di
SMA adalah untuk mengembangkan kemampuan berfikir dalam menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam di sekitar, mampu menguasai
pengetahuan, dan sikap percaya diri. Kenyataan dilapang menunjukan bahwa
fisika merupakan salah satu pelajaran di sekolah yang memiliki prestasi hasil
belajar yang rendah dibandingkan pelajaran sains lainya seperti biologi dan kimia.
Serta pembelajaran fisika di sekolah masih cenderung dilaksanakan dengan
menggunakan metode konvensional (ceramah) yang kurang mengaktifkan siswa
selama proses pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji pengaruh model
pembelajaran Think Pair Share disertai Metode Guided Note Taking(GNT)
terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri Rambipuji. (2) mengkaji
pengaruh model pembelajaran Think Pair Share disertai metode Guided Note
Taking(GNT) terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri
Rambipuji.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di
SMA Negeri Rambipuji, penentuan tempat penelitian ditentukan dengan
menggunakan metode purposuve sampling area. Penentuan sampel siswa
menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 2 sebagai
kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. desain penelitian ini adalah
post-test-only control design. Nilai aktivitas belajar fisika siswa diperoleh dari
observasi dan nilai hasil belajar kognitif fisika siswa diperoleh dari post-test. Uji
hipotesis penelitian ini menggunakan analisis Independent Sample T-Test dengan
bantuan program SPSS 22.
Data aktivitas belajar fisika siswa diperoleh melalui observasi pada siswa
kelas eksperimen dan kontrol dengan masing masing kelas memiliki 5 indikator
yang berbeda. Analisis aktivitas belajar fisika siswa menunjukan skor rata-rata
aktivitas belasjar fisika siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas
kontrol. Hasil analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,014 <
0,05, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Think Pair Share disertai
metode Guided Note Taking(GNT) berpengaruh signifikan terhadap aktivitas
belajar fisika siswa di SMA Negeri Rambipuji. Hasil analisis hasil belajar kognitif
fisika siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kognitif kelas
ekeperimen lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol, dan
diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan model
pembelajaran Think Pair Share disertai metode Guided Note Taking(GNT)
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri
Rambipuji.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari
penelitian ini adalah : (1) model pembelajaran Think Pair Share disertai Metode
Guided Note Taking(GNT) berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar
fisika siswa di SMA Negeri Rambipuji, (2) model pembelajaran Think Pair Share
disertai metode Guided Note Taking(GNT) berpengaruh signifikan terhadap hasil
belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri Rambipuji.