Show simple item record

dc.contributor.advisorMuchtar, Imam
dc.contributor.advisorHutama., Fajar Surya
dc.contributor.authorNisa’, Muhimmatun
dc.date.accessioned2017-08-04T07:35:41Z
dc.date.available2017-08-04T07:35:41Z
dc.date.issued2017-08-04
dc.identifier.nim130210204090
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80846
dc.description.abstractProses pembelajaran di SDN Jember Lor 02 dalam menerapkan pendekatan scientific masih belum optimal pada tahap mengamati, mengasosiasi/ menalar, dan mengumpulkan informasi serta penggunaan model dan media pembelajaran kurang bervariasi, disamping itu siswa sulit memahami materi dan tugas yang telah diberikan. Hal tersebut berdampak pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TSTS berbantuan media TTS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media TTS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B tema indahnya negeriku di SDN Jember Lor 02?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media TTS pada tema indahnya negeriku di SDN Jember Lor 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media TTS berjalan dengan lancar, sesuai dengan RPP yang telah disusun. Siswa menjadi lebih termotivasi dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Aktivitas belajar siswa pada prasiklus 35,3% dengan kriteria kurang aktif, pada siklus I meningkat menjadi 62,2% dengan kriteria cukup aktif. Aktivitas belajar siswa pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 86,3% dengan kriteria sangat aktif. Ranah afektif, kognitif, dan psikomotor siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Ranah afektif siswa prasiklus sebesar 51,9 dengan kriteria kurang, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 60 dengan kriteria sedang/cukup, pada siklus II juga meningkat menjadi 79,8 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa dalam prasiklus sebesar 62 dengan kriteria sedang/cukup, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 70 dengan kriteria baik, pada siklus II juga meningkat menjadi 81,3 dengan kriteria sangat baik. Aspek psikomotor siswa pada prasiklus sebesar 67,6 dengan kriteria cukup, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 70,1 dengan kriteria baik, pada siklus II juga meningkat menjadi 80 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media TTS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SDN Jember Lor 02. Saran bagi guru apabila menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan TTS yaitu saat menjelaskan materi pelajaran harus lebih menarik, sebelum menerapkan pembelajaran harus mengorganisasikan siswa dalam kelompok secara heterogen, dan bertindak lebih tegas apabila ada kelompok yang tidak bertamu ke kelompok lain, Soal TTS yang dibuat tidak terlalu banyak. Bagi peneliti, penerapan model pembelajaran dapat dipadukan dengan media, dan sebaiknya media yang digunakan lebih bervariasi dan lebih menarik. Bagi peneliti lain, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media TTS sebagai sumber rujukan penelitian selanjutnya dengan tema dan kelas yang berbeda.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFen_US
dc.subjectTWO STAY TWO STRAY (TSTS)en_US
dc.subjectMEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS)en_US
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI SDN JEMBER LOR 02en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record