dc.description.abstract | Pembelajaran IPS diajarkan pada peserta didik mulai dari sekolah dasar
sampai perguruan tinggi dengan menekankan pada perilaku sosial. Perilaku sosial
dapat diamati melalui aktivitas yang dilakukan selama pembelajaran. Aktivitas
belajar siswa yang rendah selama pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar
siswa. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang tepat untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tersebut. Berdasarkan observasi awal dan
wawancara di SDN Patrang 01 Jember, dapat diketahui bahwa guru masih
dominan menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Aktivitas belajar
siswa yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas belajar siswa prasiklus
diperoleh hasil 57,72% dan termasuk kategori cukup aktif, sedangkan dari data
skor hasil belajar prasiklus diperoleh hasil sebesar 64 dengan kriteria cukup.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukanlah penelitian mealui
penerapan metode diskusi berbantuan media gambar. Permasalahan yang
dirumuskan dalam peneliian ini yaitu “bagaimanakah penerapan metode diskusi
berbantuan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas III pada tema berbagai pekerjaan di SDN Patrang 01 Jember semester genap
tahun pelajaran 2016/2017 ?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah “untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada tema berbagai
pekerjaan melalui penerapan metode diskusi berbantuan media gambar di SDN
Patrang 01 Jember semester genap tahun pelajaran 2016/2017”.
Subjek dalam penelitian ini adalah 34 orang siswa kelas III SDN Patrang
01 Jember yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian
ini dilaksanakan semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan selama 2 siklus,
setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahapan, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam
penelitian dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, dan
tes.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan aktivitas
belajar siswa yang semula pada prasiklus sebesar 57,72% dengan kriteria cukup
aktif, meningkat menjadi 72,79% pada siklus 1 dengan kriteria aktif, dan pada
siklus II meningkat menjadi 91,18% dengan kriteria sangat aktif. Skor rata-rata
hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 64 dengan kriteria cukup baik,
sedangkan pada siklus I skor hasil belajar siswa meningkat menjadi 79 dengan
kriteria baik, dan pada siklus II skor hasil belajar siswa meningkat menjadi 86
dengan kriteria sangat baik.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode diskusi
berbantuan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas III pada tema berbagai pekerjaan di SDN Patrang 01 Jember semester genap
tahun pelajaran 2016/2017. Saran untuk SDN Patrang 01 Jember, agar
pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan, maka guru di SDN Patrang 01
Jember supaya mengunakan metode-metode pembelajaran yang bervariasi. Saran
untuk guru SD dalam pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi berbantuan
media gambar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk dapat membuat
siswa tertarik dalam pembelajaran. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat
dijadikan sebagai rujukan untuk melakukan penelitian dengan pokok bahasan dan
media yang berbeda. | en_US |