• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KOMPETENSI BERBAHASA INGGRIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN SEDERHANA DI PROGRAM KURSUS MR. AMAR KECAMATAN KOTA KABUPATEN BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    HIMMATUR RIJAL ARIFIN - 100210201011.pdf (2.128Mb)
    Date
    2017-08-04
    Author
    ARIFIN, HIMMATUR RIJAL
    Indrianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang penelitian ini yaitu Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional, dengan kemampuan berbahasa Inggris memudahkan masyarakat berkomunikasi dengan masyarakat dunia (masyarakat asing), dengan kesempatan mudah komunikasi, akan memudahkan sharing informasi dan pengetahuan secara Internasional. Rumusan Masalah Penelitian ini yaitu bagaimana Peningkatan kompetensi berbahasa Inggris melalui metode Pembelajaran sederhana di program kursus Mr. Amar Centre Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peningkatan kompetensi berbahasa Inggris melalui metode Pembelajaran di kursus Mr. Amar Centre Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan terhadap Program Kursus Bahasa Inggris yang ada dalam masyarakat, bidang penelitian, Universitas, dan Pemerintah. Penentuan daerah penelitian dengan metode purposive area. Waktu penelitian dari Desember 2014 sampai Juni 2015. Penentuan Subyek penelitian yaitu keseluruhan peserta didik. Desain penelitian menggunakan PTK yaitu melalui tindakan sehingga terpecahkan masalah. Sumber data menggunakan sasaran penelitian yaitu peserta didik. Jenis data yaitu merupakan jenis kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan langsung), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Profil program yaitu merupakan program kursus Mr. Amar Centre. Dengan data utama meliputi Pendidik dan Peserta didik yang ada. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah Pendidik dan viii Peserta didik Kursus Mr. Amar Centre Banyuwangi dengan jumlah 10 Peserta didik dan 2 Pendidik, yang diantaranya adalah masyarakat sekitar dan siswa sekolah menengah ke atas, dengan kemampuan yang heterogen. Metode sederhana, yakni ceramah, diskusi, dan praktek merupakan metode yang sangat umum digunakan, namun jika dipadukan dengan tujuan terarah dan bahan pembelajaran yang sederhana juga fungsional akan menjadikan nilai positif tersendiri. Terdorong dengan sikap positif yang merupakan hasil dari proses pembelajaran, akan terjadi perkembangan secara alamiah dan berkelanjutan. Peserta didik juga menunjukkan bahwa adanya perubahan dan perkembangan kompetensi berbahasa Inggris menjadi lebih baik lagi. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini menunjukkan perkembangan yang merupakan proses dan hasil pembelajaran Bahasa Inggris melalui metode Pembelajaran sederhana. Kesimpulan dari penilitian ini yaitu Metode ceramah, diskusi, dan praktek, merupakan metode yang sangat sederhana digunakan baik di Program Pendidikan formal, nonformal, maupun informal. Metode ini sangat baik digunakan dengan pengemasan materi dan tujuan yang tepat. Saran dimaksudkan peneliti menjadi langkah selanjutnya dalam pengembangan proses pembelajaran. Peningkatan sarana prasarana juga media harus ditingkatkan mengingat kebutuhan belajar peserta didik akan selalu mengalami peningkatan. Seharusnya Program kursus ini semakin dimanfaatkan guna meningkatkan kompetensi mereka dalam berbahasa Internasional. Kursus seharusnya perhatian pemerintah terhadap pentingnya Program kursus semakin ditingkatkan. Bagi Perguruan Tinggi, metode dan terobosan yang digunakan oleh Program tersebut, bisa menjadi masukan dan dapat diadopsi guna meningkatkan proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Bagi Peneliti, penelitian ini dapat menjadi masukan juga referensi. Penelitian ini bisa semakin dikembangkan guna menemukan terobosan-terobosan yang bermanfaat bagi dunia Pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80815
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository