dc.description.abstract | Bahasa merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak
usia dini. Kemampuan mengenal abjad menjadi tahap awal pada anak dalam
keterampilan berbahasa. Proses anak mengenal abjad berkaitan dengan
kemampuan anak memahami dan mengenali konsep bentuk dan bunyi huruf.
Mengenalkan abjad pada anak dapat dikenalkan melalui permainan, seperti
permainan memancing huruf yang dapat meningkatkan kemampuan anak
mengenal abjad. Berdasarkan hasil observasi dari 15 anak, terdapat 3 anak
kemampuan mengenal abjad baik dan 12 anak kemampuan mengenal abjad masih
belum baik. Kemampuan beberapa anak mengenal huruf n sampai z kurang baik.
Selain itu terdapat beberapa anak masih tidak bisa membedakan bunyi huruf sama
ataupun bentuk huruf hampir sama. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan
kemampuan mengenal abjad melalui kegiatan yang menarik dan menyenangkan,
serta kegiatan yang dapat dilaksanakan dalam bentuk kelompok besar maupun
kecil. Kegiatan yang dimaksud adalah permainan memancing huruf.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan permainan memancing huruf
dalam meningkatkan kemampuan anak kelompok A2 mengenal abjad di TK ABA
III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?;
dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan anak kelompok A2 mengenal
abjad melalui permainan memancing huruf di TK ABA III Ampel Kecamatan
Wuluhan Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan
masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan
penerapan permainan memancing huruf untuk meningkatkan kemampuan anak
kelompok A2 mengenal abjad di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan
Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017; (2) meningkatkan kemampuan
anak kelompok A2 mengenal abjad melalui permainan memancing huruf di TK
ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun pelajaran
2016/2017.
Penelitian ini dilakukan di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan
Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 yang
berjumlah 15 anak, terbagi atas 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model
penelitian Mulyasa. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan,
observasi, serta refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode observasi, wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa proses penerapan
permainan memancing huruf untuk meningkatkan kemampuan anak kelompok A2
mengenal abjad di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember
Tahun Pelajaran 2016/2017 dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdapat hambatan yang
berkaitan dengan anak belum mampu membedakan huruf yang memiliki lambang
dan bunyi sama, serta konsentrasi anak ketika kegiatan pembelajaran masih
kurang. Permasalahan pada siklus I diperbaiki pada siklus II. Perancanaan
pelaksanaan siklus II ditambah dari perbaikan pada siklus I yaitu dengan cara
setiap anak memegang satu alat pancing, lalu huruf yang akan dipancing hanya
huruf b, d, p, q, c, e, m, n, f, v, y, z. Peningkatan kemampuan anak kelompok A2
mengenal abjad di TK ABA III Ampel tahun pelajaran 2016/2017 dapat dilihat
dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 48%, siklus I 64,99%, dan
siklus II meningkat menjadi 74,66%.
Saran yang dapat disampaikan yaitu, guru hendaknya menggunakan
permainan memancing huruf dalam proses pembelajaran mengenal huruf. Kepala
sekolah menyarankan untuk para guru menggunakan permainan memancing huruf
dalam meningkatkan kemampuan anak mengenal abjad, dan untuk peneliti lain
hendaknya menjadikan acuan dalam penelitian sejenis. | en_US |