dc.description.abstract | Perusahaan melakukan strategi pemasaran akan suatu produk tentu
membutuhkan promosi untuk memperkenalkan produk tersebut kepada
konsumennya, promosi itu sendiri merupakan salah satu unsur dari bauran
pemasaran (markeing mix) yaitu product, price, place, dan promotion. Promosi
sangat berpengaruh terhadap usaha perusahaan untuk mencapai penjualan yang
maksimal, karena meskipun produk yang ditawarkan sudah baik, relatif murah
serta mudah untuk diperoleh, jika tidak disertai promosi yang baik, maka tingkat
penjualan tidak akan memadai. Suatu usaha atau perusahaan jika ingin mencapai
tingkat penjualan yang maksimal, tentu memakai beberapa macam promosi
penjualan, Namun dari semua hal yang diharapkan dari promosi, perlu pula
dipertimbangkan apakah biaya yang dikeluarkan oleh kegiatan promosi itu dapat
memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan penjualan dan sampai
sejauh mana promosi itu dapat menarik konsumen untuk membeli produk yang
ditawarkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Informan utama pada penelitian ini adalah pemilik dan karyawan UD.
Bintang Timur sedangkan informan tambahan pada penelitian ini adalah pembeli
atau pelanggan dari UD. Bintang Timur. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumen dan observasi. Analisis
data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk
menguji keabsahan data yang diperoleh menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh dari strategi pemasaran yang dijalankan
oleh perusahaan UD. Bintang Timur yang berada di Desa Sumberpakem
Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Dalam menjual atau memasarkan
produk Batik Labako, perusahaan ini menggunakan strategi pemasaran dengan
berfokus pada promotion atau promosi, yang didalamnya berhubungan dengan
periklanan, promosi penjualan, dan penjualan pribadi. Pertama pada proses iklan
tersebut digunakan dua macam media yaitu, menggunakan media brosur yang di
sebar atau diberikan kepada masyarakat secara gratis, dan melalui media kartu
nama yang diberikan kepada pembeli atau calon pembeli secara langsung ditoko
UD. Bintang Timur. Kedua promosi penjualan yang dilakukan oleh perusahaan ini
melalui pameran dagang, display produk, potongan pembelian. Dan yang ketiga
penjualan pribadi yang dilakukan dengan memajang produk batiknya secara rapi
dalam etalase yang berada ditoko UD. Bintang Timur. | en_US |