dc.description.abstract | Kemampuan sosial dan emosional yang baik akan sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan aspek perkembangan lainnya. Kegiatan outbound sangat cocok untuk mengembangkan sosial dan emosional pada anak usia dini. Berdasarkan hasil belajar pra siklus anak kelompok A2 di TK Dewi Masyithoh 67 Puger Kulon dari 22 anak yang terdiri atas 7 anak laki-laki dan 15 anak perempuan ditinjau dari segi kemampuan sosial dan emosional, terdapat 2 anak yang memiliki kriteria sangat baik, 3 anak yang memiliki kriteria baik, 5 anak memiliki kriteria berkembang cukup, dan 12 anak memiliki kriteria kurang, untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu adanya kegiatan pembelajaran yang menerapkan kegiatan outbound untuk mengoptimalkan kemampuan sosial dan emosional anak. Kegiatan outbound yang dimaksud yaitu melalui kegiatan berkelompok seperti bermain estafet air, kelereng berjalan, melempar dan menangkap bola dengan menerapkan kegiatan outbound diharapkan kemampuan sosial dan emosional anak akan meningkat sesuai harapan.
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan kegiatan outbound untuk meningkatkan kemampuan sosial dan emosional anak kelompok A2 di TK Dewi Masyithoh 67 Puger Kulon Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?; (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan sosial anak kelompok A2 melalui kegiatan outbound di TK Dewi Masyithoh 67 Puger Kulon Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?; (3) bagaimanakah peningkatan kemampuan emosional anak kelompok A2 melalui kegiatan outbound di TK Dewi Masyithoh
67 Puger Kulon Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan kegiatan outbound dalam meningkatkan kemampuan sosial dan emosional melalui anak kelompok A2 di TK Dewi Masyithoh 67 Puger Kulon Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; (2) meningkatkan kemampuan sosial melalui kegiatan outbound pada anak kelompok A2 di TK Dewi Masyithoh 67 Puger Kulon Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 Meningkatkan kemampuan sosial melalui kegiatan outbound pada anak kelompok A2 di TK Dewi Masyithoh 67 Puger Kulon Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; (3) meningkatkan kemampuan sosial melalui kegiatan outbound pada anak kelompok A2 di TK Dewi Masyithoh 67 Puger Kulon Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses kegiatan outbound untuk meningkatkan kemampuan sosial dan emosional pada anak dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I guru menerapkan kegiatan outbound dan membagi anak menjadi 2 kelompok, dalam siklus I masih ada beberapa anak yang belum tuntas dalam melakukan kegiatan outbound, maka dari itu guru melakukan kegiatan yang sama di siklus II untuk mengoptimalkan pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan pada siklus II tidak jauh berbeda dengan siklus I, tetapi pada siklus II guru membagi anak menjadi 3 kelompok dalam bermain.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan sosial dan emosional anak kelompok A2 melalui kegiatan outbound, hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 48,8; siklus I 66,4; dan pada siklus II meningkat menjadi 82,3.
Berdasarkan temuan di atas, dapat diberikan saran-saran sebagai berikut: (1) saran untuk guru hendaknya dapat dijadikan pilihan kegiatan yang menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.; (2) saran untuk kepala sekolah hendaknya penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran; (3) saran untuk peneliti lain hendaknya melakukan penelitian melalui kegiatan outbound untuk mengembangkan aspek perkembangan anak. | en_US |