dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat peran TPI Pondok Mimbo
pada kondisi katagori sedang dari keenam indikator. Peran TPI Pondok Mimbo
hanya sebagai tempat proses pemasaran ikan hasil tangkapan nelayan serta tempat
penimbangan ikan, sedangkan proses pelelangan ikan hasil tangkap nelayan tidak
berjalan sebagaimana mestinya. Persepsi masyarakat nelayan terhadap keberadaan
TPI Pondok Mimbo berada pada katagori sedang dengan ketiga aspek, yaitu aspek
kognisi, afeksi dan psikomotorik. Berdasarkan aspek kognisi, afeksi, dan
psikomotorik, persepsi masyarakat nelayan mengarah kepada peran TPI Pondok
MImbo yang diambil alih oleh para pengamba’. Nelayan juga memeberikan
respon positif terhadap pengamba’, terbukti dari segala aktivitas pemasaran
masyarakat nelayan dilakukan oleh pengamba’. Pola saluran pemasaran hasil
tangkapan nelayan memiliki empat saluran pemasaran, sedangkan efisiensi
saluran pemasaran semunya efisien karena nilai efisien dari efisiensi pemasaran
yaitu 0 ≤ EP ≤ 50%. Analisis FFA menunjukkan penyusunan strategi
pengembangan peran TPI Pondok Mimbo dengan meningkatkan faktor pendorong
dukungan TPI dalam proses pemasaran ikan dan meminimalisir hubungan
pengamba’ dengan masyarakat nelayan, secara bersama sama meningkatkan
faktor pendorong yang memiiki nilai bobot terendah dan juga meminimalisir
faktor penghambat yang memiliki nilai bobot tertinggi. Perumusan strategi
peningkatan peran TPI Pondok Mimbo yaitu: (1) meningkatkan dan
mengoptimalkan Potensi TPI Pondok Mimbo dalam hasil tangkapan nelayan, (2)
meningkatkan dan menjaga Kepercayaan nelayan terhadap keberadaan serta
fungsi TPI, (3) merangkul hubungan pengamba’ dengan masyarakat nelayan
dengan cara kerja sama, dan (4) meningkatkan penggunaan IPTEK dalam
aktivitas Pemasaran Ikan melalui TPI Pondok Mimbo. | en_US |