• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MENGARANG NARASI EKSPOSITORIS MELALUI PENGGUNAAN KOMIK PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Febrinda Widya Sariningrum Widi Kusrini.pdf (6.761Mb)
    Date
    2017-08-04
    Author
    Kusrini, Febrinda Widya Sariningrum Widi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada KTSP mata pelajaran bahasa Indonesia untuk SD kelas IV semester II, kompetensi dasar yang harus dicapai siswa dalam aspek menulis adalah menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan. Oleh karena itu, kemampuan menulis harus diarahkan dan dilatih agar siswa dapat menyampaikan ide, gagasan dan perasaan ke dalam bentuk karangan narasi yang runtut dengan menggunakan ejaan yang benar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember, diketahui pembelajaran masih cenderung berpusat pada guru tanpa menggunakan media. Di samping itu, siswa kesulitan dalam penggunaan kata hubung (di), ejaan, tanda baca, dan mengungkapkan ide/gagasannya ke dalam bentuk tulisan narasi yang benar. Hal tersebut membuat hasil keterampilan mengarang narasi ekspositoris siswa masih rendah. Data yang diperoleh yaitu ketuntasan belajar siswa sebesar 61,15 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 19 anak (58%) dari jumlah keseluruhan 33 siswa. Oleh karena itu, dipilih media pembelajaran alternatif sesuai materi yang dipelajari, yaitu komik edukasi dengan tema tentang masalah aktual yang dialami oleh siswa itu sendiri. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah proses penggunaan komik yang dapat meningkatkan mengarang narasi ekspositoris siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember tahun pelajaran 2016/2017?; dan (2) bagaimanakah peningkatan mengarang narasi ekspositoris setelah digunakan komik pada siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan proses penggunaan komik yang dapat meningkatkan mengarang narasi ekspositoris siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember tahun pelajaran 2016/2017; dan 2) untuk meningkatkan mengarang narasi ekspositoris setelah digunakan komik pada siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang dilakukan dua siklus dengan masing-masing satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Pada penelitian ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Perlakuan pada setiap siklus sama saja, namun komik yang digunakan berbeda. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses penggunaan komik yang dapat meningkatkan mengarang narasi ekspositoris siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember adalah pada siklus I siswa masih belum menguasai penggunaan kata hubung, kalimat efektif, ejaan, dan tanda baca yang benar, maka pada siklus II dilakukan perbaikan dengan memberikan contoh berulang-ulang terkait penggunaan kata hubung, kalimat efektif, ejaan, dan tanda baca yang benar. Hal tersebut dilakukan agar siswa tidak melakukan hal yang sama dan hasil karangan siswa dapat lebih baik dan sesuai EYD yang berlaku. 2) Peningkatan mengarang narasi ekspositoris setelah digunakan komik pada siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember dapat diketahui dari nilai mengarang narasi ekspositoris siswa pada setiap siklus. Peningkatan nilai rerata siswa 70,76 (siklus I) menjadi 72,88 (siklus II) dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa (67%) menjadi 27 siswa (82%). Adapun saran dalam penelitian ini, yaitu: (1) guru hendaknya menggunakan media pada pembelajaran bahasa Indonesia, salah satunya komik; (2) sekolah hendaknya dapat mengembangkan informasi perkembangan siswa sehingga guru dapat melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan komik; dan (3) peniliti lain diharapkan dapat lebih mengembangkan penelitian yang berkaitan dengan inovasi dan peningkatan pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80784
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository