• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE SOSIODRAMA DI TK PERTIWI KECAMATAN GUMUKMAS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Erni Rusmiyanti.pdf (3.702Mb)
    Date
    2017-08-04
    Author
    Rusmiyanti, Erni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sesuai dengan karakteristik kemampuan berbahasa anak usia 4-5 tahun, seharusnya setiap anak sudah dapat berbicara dengan baik, anak bisa bertanya dan menjawab pertanyaan dan sudah dapat menyusun kalimat sederhana. Berdasarkan hasil belajar prasiklus anak kelompok B di TK Pertiwi Kecamatan Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 dari 10 anak, 2 anak sudah mencapai indikator keberhasilan, dan 8 anak lainnya belum mencapai indikator keberhasilan. Hal tersebut dikarenakan metode yang digunakan guru kurang menarik perhatian anak sehingga anak kurang merespon yang disampaikan guru, ketika guru bertanya jawab dan bercerita dengan anak, suara guru kurang keras, intonasi yang digunakan guru masih kurang. Berdasarkan permasalahn tentang kemampuan berbicara tersebut, perlu adanya penggunaan metode yang menarik perhatian anak untuk mengoptimalkan kemampuan berbicara anak, salah satu metode yang dapat digunakan yaitu metode sosiodrama. Metode sosiodrama untuk mengembangkan kemampuan berbicara karena menginjak usia ini, anak suka berimajinasi dengan penggunaan metode sosiodrama diharapkan dari hasil imajinasi anak dapat dituangkan dalam bentuk bermain drama dan anak akan menuangkan apa yang ada dipikirannya dalam bentuk percakapan dengan lawan mainnya, sehingga kemampuan berbicara kelompok B TK Pertiwi Gumukmas Jember meningkat sesuai dengan harapan. Berdasarkan permasalahan di atas, dapat dipaparkan rumusan masalah penelitian ini adalah; 1) bagaimanakah penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Pertiwi Kecamatan Gumukmas Jember tahun pelajaran 2016/2017; 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B melalui metode sosiodrama di TK Pertiwi Kecamatan Gumukmas Jember tahun pealajaran 2016/2017. Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak dan meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Pertiwi Kecamatan Gumukmas Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengguanakan desain penelitian model Kemmis dan MC, yang terdiri dari 4 tahap meliputi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan dan refleksi. Penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I, kegiatan drama diawali dengan pembukaan, tanya jawab dengan tema hari ini, guru membacakan skenario drama, guru membagikan peran, mengajak anak untuk melakukan drama, siklus I belum berhasil karena properti yang digunakan guru kurang menarik dan guru belum bisa mengkondisikan anak. Hasil siklus I belum mencapai indikator keberhasilan, maka di terapkan siklus II. Kegiatan yang dilakukan pada siklus II tidak jauh dari siklus I, perbaikan terletak di saat guru menjelaskan skenario drama dengan mendekati anak, tidak hanya diam ditempat, properti yang digunkan guru sudah lebih baik. Hasil dari penerapan metode sosiodrama tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak anak kelompok B TK Pertiwi kecamatan Gumukmas Jember berupa nilai rata-rata kelas yang mengalamai peningkatan pada siklus I yaitu 59, 37 kemudian pada siklus II mencapai 72, 5.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas saran yang diberikan kepada guru adalah untuk menggunakan metode sosiodrama dalam memberikan variasi pembelajaran kemampuan berbicara anak, sehingga kemampuan berbicara anak optimal. Selain itu, saran untuk peneliti lain yaitu hendaknya memperhatikan kelemahan dan kelebihan penelitian ini sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penelitiannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80771
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository