• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL GI-GI (GROUP INVESTIGATION-GUIDED INQUIRY) PADA PEMBELAJARAN GERAK MELINGKAR DI SMAN 1 JENGGAWAH (Studi pada Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Multirepresentasi Siswa)

    Thumbnail
    View/Open
    Swit Tanti Rahayu Ningsih - 120210102001_.pdf (2.376Mb)
    Date
    2017-08-03
    Author
    NINGSIH, Swit Tanti Rahayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jenggawah pada siswa kelas X semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu ditentukan populasi penelitian dengan membatasi masalah pada materi yang terdapat di silabus.Materi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini merupakan materi fisika tentang gerak melingkar. Sesuai dengan silabus, materi gerak melingkar diajarkan pada kelas X IPA, sehingga dalam penelitian ini sampel kelas yang dipilih adalah X IPA 1, X IPA 2, dan X IPA 3. Dari 3 kelas tersebut dilakukan uji homogenitas menggunakan Anova (Analisis of Variance) dengan bantuan program SPSS 22 untuk menguji pengetahuan awal siswa.Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 22. Model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) yang diterapkan dalam pembelajaran fisika berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa. Hasil analisis uji Independent Samples T-test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 (0,000 ≤ 0,05), sehingga dapat disimpulkan model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa model GI-GI lebih baik daripada kelas kontrol, yaitu kelas eksperimen sebesar 78,85 dan kelas kontrol sebesar 72,22. Model GI-GI juga berpengaruh terhadap kemampuan multirepresentasi siswa. Hasil analisis uji Independent Samples T-test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 (0,000 ≤ 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) juga berpengaruh terhadap kemampuan multirepresentasi siswa. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata skor post-test kemampuan multirepresentasi kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa model GI-GI lebih baik daripada kelas kontrol, yaitu kelas eksperimen sebesar 68,84 dan kelas kontrol sebesar 54,03. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran gerak melingkar di SMA Negeri 1 Jenggawah.; dan (2) Model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) berpengaruh terhadap kemampuan multirepresentasi siswa pada pembelajaran gerak melingkar di SMA Negeri 1 Jenggawah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80673
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository