dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis peningkatan sikap
percaya diri melalui penerapan metode pembelajaran buzz group pada peserta
didik di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember tahun ajaran 2016/2017 dan (2) untuk
menganalisis peningkatan hasil belajar sejarah melalui penerapan metode
pembelajaran buzz group pada peserta didik di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember
tahun ajaran 2016/2017.
Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas XI IPS
1 SMAN 1 Jember, dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 peserta didik.
Desain penelitian ini menggunakan model skema penelitian Kemmis S. dan Mc.
Taggart dengan tahapan penelitian tindakan tiap siklusnya meliputi; perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap percaya diri dan
hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Dari 5 indikator sikap percaya diri
dapat disimpulkan peningkatan sikap percaya diri peserta didik dalam belajar dari
pra siklus 56,7% meningkat sebesar 7,03% menjadi 63,73% pada siklus 1 dengan
kriteria baik. Siklus 2 mengalami peningkatan dari 63,73% pada siklus 1
meningkat sebesar 6,52% menjadi 70,25% pada siklus 2 dan pada siklus 3
mengalami peingkatan sebesar 8,01% menjadi 78,26% dengan kriteria sudah
sangat baik. Hasil belajar kognitif juga mengalami peningkatan, dari pra siklus
36,67% meningkat 36,66% menjadi 73,33% pada siklus 1. Siklus 2 mengalami
peningkatan sebesar 10% menjadi 83,33% dan pada siklus 3 meningkat 3,33%
menjadi sebesar 86,67%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Penerapan metode pembelajaran
buzz group mampu meningkatkan sikap percaya diri peserta didik dalam belajar
sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017 dan (2)
Penerapan metode pembelajaran buzz group mampu meningkatkan hasil belajar
peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember
Tahun Ajaran 2016/2017. | en_US |