Show simple item record

dc.contributor.advisorSUGIARTI, Titik
dc.contributor.advisorSUSANTO
dc.contributor.authorSURYANTI, Putri Dwi
dc.date.accessioned2017-08-02T06:36:40Z
dc.date.available2017-08-02T06:36:40Z
dc.date.issued2017-08-02
dc.identifier.nimNIM130210101036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80658
dc.description.abstractSetelah dilakukan analisis terhadap hasil tes, kemudian dilakukan wawancara dan didapatkan kesimpulan bahwa dari ketujuh indikator yang dirumuskan untuk mengetahui profil berpikir kritis siswa enam indikator dapat dipenuhi oleh siswa. Siswa mampu menganalisis informasi dan tujuan yang dimaksud oleh soal, hal itu tentu mengindikasikan bahwa siswa membaca dan memahami soal dengan seksama sehingga siswa mampu membuat analisa yang sesuai dengan soal yang diberikan. Dalam memberikan asumsi tentang persoalan, siswa juga mampu menanggapi apa yang dimaksudkan oleh soal dengan benar. Siswa mampu memberikan gambaran cara dan strategi yang akan digunakan untuk mencari solusi dari persoalan yang diberikan, sehingga asumsi yang telah dibuat oleh siswa dapat dijadikan acuan bagi mereka untuk melakukan rencana dalam menemukan solusi dari soal. Siswa juga dapat menentukan solusi dengan langkah-langkah yang teratur dan menggunakan cara yang mudah dipahami serta mampu untuk melakukan perhitungan dengan benar. Meski begitu siswa hanya menggunakan satu cara dalam menentukan solusi permasalahan, siswa tidak menuliskan alternatif cara lain untuk menemukan solusi yang dimaksudkan oleh soal. Siswa tidak menuliskan cara lain yang dapat digunakan untuk menentukan solusi namun setelah melakukan wawancara, siswa menyebutkan bahwa ada cara lain yang dapat digunakan untuk menemukan solusi persoalan, namun tidak digunakan dengan alasan waktu yang kurang sehingga peneliti menganggap bahwa siswa belum dapat menemukan dan menggunakan alternatif cara lain dalam menemukan solusi. Untuk indikator selanjutnya yaitu menuliskan solusi penyelesaian, semua siswa sudah mampu memenuhi indikator tersebut. Hal itu dibuktikan dengan memperhatikan lembar jawaban dan hasil wawancara dimana semua siswa mampu menyebutkan solusi dari persoalan yang diberikan dengan benar. Dalam menarik kesimpulan siswa juga memenuhinya dengan baik, semua siswa mampu memberikan kesimpulan yang sejalan dengan apa yang dimaksudkan oleh soal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII A mampu untuk menganalisa soal dengan baik meskipun belum dapat menemukan alternatif penyelesaian lain dalam pekerjaannya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210101036;
dc.subjectBERPIKIR KRITIS SISWAen_US
dc.subjectARITMETIKAen_US
dc.titlePROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 1 JEMBER DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMETIKA SOSIALen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record