PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV DI SDN SUMBERSARI 03 JEMBER
dc.contributor.advisor | BEKTIARSO, Singgih | |
dc.contributor.advisor | AGUSTININGSIH | |
dc.contributor.author | ARROZZAQ, Anjar Aprillia | |
dc.date.accessioned | 2017-08-02T06:10:52Z | |
dc.date.available | 2017-08-02T06:10:52Z | |
dc.date.issued | 2017-08-02 | |
dc.identifier.nim | NIM130210204130 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80652 | |
dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Sumbersari 03 Jember meningkat selama proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 66,86% dengan kriteria cukup aktif mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 73,11% dengan kriteria aktif. Hampir semua indikator mengalami peningkatan pada siklus II. Pada siklus I, indikator tertinggi yaitu mencari pasangan kartu sebesar 76,51%, sedangkan pada siklkus II indikator tertinggi yaitu memperhatikan penjelasan guru sebesar 78,03%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata skor hasil belajar siswa sebesar 71,66 dan meningkat pada siklus II menjadi 78,63. Saran yang diberikan kepada peneliti lain berdasarkan hasil penelitian adalah guru harus menjelaskan beberapa kali mengenai aturan dalam menemukan pasangan kartu sehingga siswa memahami betul bagaimana cara yang dilakukan dalam menemukan pasangan kartu. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 130210204130; | |
dc.subject | TIPE INDEX CARD MATCH | en_US |
dc.subject | BAHASAN HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV DI SDN SUMBERSARI 03 JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
UT-Faculty of Teacher Training and Education [14976]
Koleksi Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan