• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK, PAIR, SHARE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS IV SDN CANDIPURO 01 LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Ahmad So’im Andi Prasetyo - 130210204102_.pdf (2.197Mb)
    Date
    2017-08-02
    Author
    PRASETYO, Ahmad So’im Andi
    SIHONO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran menulis karangan deskriptif pada siswa kelas IV SDN Candipuro 01 Lumajang. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung yang diperoleh adalah sebesar 2,563 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,0195. Jika dibandingkan dari kedua nilai ini maka didapat thitung > ttabel , sehingga dapat diputuskan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis karangan deskriptif. Dari hasil analisis ER diperoleh nilainya adalah sebesar 33,46%. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif 33,46% dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Saran penelitian ini yaitu bagi peneliti lain, apabila menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pembelajaran tertentu, seharusnya dapat dikreasikan dengan pendekatan/ model/ strategi/ metode/ teknik dan media pembelajaran lain agar tingkat keefektifitas relatifnya dapat ditingkatkan, sedangkan bagi guru, hasil penelitian ini seyogyanya dapat dijadikan referensi untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pembelajaran yang lain selain pembelajaran keterampilan menulis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80634
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository