dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk solidaritas di kalangan mahasiswa fakultas teknik Universitas Jember dan mengidentifikasi nilai-nilai kelompok di kalangan mahasiswa fakultas teknik Universitas Jember. Manfaat penelitian ini mampu menjadi sumber informasi yang dapat dijadikan acuan dalam menumbuhkan solidaritas dalam perkuliahan dan mampu menjadikan solidaritas sebagai salah satu pembentukan SDM yang lebih baik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, lokasi penelitian ini dilakukan di Kabupaten Jember. Teknik penentuan informan dengan menggunakan purposive sampling dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Selanjutnya proses analisis data dengan cara mengumpulkan semua data, pemilihan data, penginterpretasian data dengan teori, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya budaya solidaritas pada kalangan mahasiswa fakultas teknik merupakan bagian dalam praktek pembelajaran. Solidaritas mahasiswa fakultas teknik terbagi ke dalam dua bagian yakni, solidaritas dalam proses pembelajaran dan solidaritas di ranah non pembelajaran. Solidaritas dalam proses pembelajaran meliputi solidaritas dalam kegiatan ospek, solidaritas dalam perkuliahan, dan solidaritas dalam organisasi. Solidaritas di ranah non pembelajaran meliputi solidaritas dalam kegiatan Arak-arakan, solidaritas dalam pemilihan kost, dan solidaritas dalam angkatan. Selain itu terdapat nilai kelompok mahasiswa yang dijadikan acuan dalam kesehariannya yaitu nilai kekompakan, nilai kekeluargaan, nilai solidaritas, nilai kesetaraan. Secara keseluruhan budaya solidaritas mampu memberikan dampak terhadap proses pembelajaran mahasiswa fakultas teknik. | en_US |